1 Maret Proses SBMPTN Dimulai

Prosedur SBMPTN tahun 2019.

PALANGKA RAYA – Perguruan Tinggi Negeri di Seluruh Indonesia, akan mulai melaksanakan proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Proses seleksi akan dimulai tanggal 1 Maret hingga 1 April 2019. Pelaksanaan seleksi dimulai 13 Arpil hingga 26 Mei 2019.

Untuk pengumuman hasil, 10 hari setelah dilaksanakannya Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Peserta yang bisa mengikuti siswa SMA, dan SMK yang lulus tahun 2017, maupun 2018. Peserta wajin memiliki izajah. Siswa yang lulus tahun 2019, wajib mengantongi surat rekomendasi yang ditandatangani kepala sekolah.

Kemudian, memiliki nilai UTBK. Wajib mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Siswa yang ingin memilih program studi seni, dan olahraga wajib membuat fortopolio. Biaya UTBK ditanggung siswa yang disubsidi pemerintah. Bagi yang tidak lulus SMNPTN, bisa ikut kembali dalam SBMPTN.

Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) DR Andrie Elia Embang SE MSi mengungkapkan, SBMPTN merupakan kesempatan bagi siswa yang ingin masuk PTN. Siswa dipersilakan memilih program studi yang diinginkan. Namun harus dipikirkan secara cermat, program studi apa yang dipilih.

“Biayanya disubsidi pemerintah. Jadi lebih ringan, dibandingkan jalur umum. Kami mengundang siswa yang ada di Kalteng, ikut seleksi. UPR bisa menjadi pilihan. Karena kami tidak kalah bersaing dengan PTN lain,” tegas Andrie.(redaksi)

Berita Terkait