32 Rektor PTN Gelar Rapat Tahunan di Palangka Raya

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Palangka Raya Prof Sulmin Gumiri.

PALANGKA RAYA – Sebanyak 32 unsur Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dalam waktu dekat akan berkumpul di Kota Palangka Raya untuk melaksanakan Rapat Tahunan Rektor Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Indonesia Bagian Barat (BKS PTN Barat). Rapat tahunan digelar di Universitas Palangka Raya (UPR) pada 10-12 Januari 2019.

Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama UPR Prof Dr Sulmin Gumiri Ph.D mengungkapkan, ada 32 PTN yang menjadi member BKS PTN Barat dan menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Terdiri dari seluruh universitas negeri yang ada di Pulau Sumatera, di Kalimantan yaitu UPR dan Universitas Tanjungpura.

Kemudian dari Pulau Jawa adalah Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Pertanian Bogor (IPB) Jawa Barat dan Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

“Tidak semua universitas negeri di Kalimantan ini masuk BKS PTN Barat. Karena universitas negeri di Kalsel dan Kaltim itu masuk BKS PTN Wilayah Timur, papar Sulmin Gumiri di ruang kerjanya, Selasa (08/01/2019).

Dijelaskan, para Rektor yang masuk BKS PTN Barat ini juga ingin sekali melihat secara langsung kondisi Kota Palangka Raya. Hal ini menyusul Palangka Raya sudah masuk isu nasional sebagai salah satu kandidat kuat calon Ibu Kota Perintahan Negara Republik Indonesia. “Itu tentu sangat menarik perhatian para Rektor tersebut, dan ingin melihat langsung kondisinya di lapangan,” kata Sulmin.

Karena itu, lanjutnya, tema dari Rapat Tahunan Rektor PTN wilayah Barat kali ini mengangkat soal kesiapan Kota Palangka Raya sebagai calon ibu kota negara. Sedangkan persoalan lainnya yang akan dibahas dalam pertemuan ini, terutama mengenai upaya meningkatkan kualitas belajar mengajar dan berbagai hal terkait lainnya.

Rapat Tahunan BKS PTN Barat ini semula dijadwalkan pada 13-15 Desember 2018. Namun karena pada akhir tahun banyak agenda intern perguruan tinggi yang harus dilaksanakan. Sehingga disepakati untuk dimundurkan pada 10-12 Januari 2019.(redaksi)

Berita Terkait