51 Mahasiswa FK UPR Ucapkan Janji Dokter Muda

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Mewakili Rektor Universitas Palangka Raya Dr. Andrie Elia, S.E.,M.Si Dekan Fakultas Kedokteran UPR, Prof. Syamsul Arifin menyampaikan beberapa pesan kepada 51 mahasiswanya yang telah mengambil janji dokter muda belum lama ini.

Yakni, agar para dokter muda meninggalkan kebiasaan menunda-nunda tugas dan selama menjalankan tugasnya untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Karena saat mereka menjalani kegiatan pada tahapan profesi akan sangat dituntut kesiapan fisik, apabila mereka menumpuk tugas di akhir maka ditakutkan akan menyebabkan kelelahan. Kemudian juga harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan serta mampu menerapkan konsep Pencegahan dan Penularan Infeksi (PPI) agar selalu sehat dan tidak mengganggu siklus Pendidikan mereka,” tulis Syamsul dalam sambutannya melalui pesan WA, Selasa (02/03/2021).

Untuk diketahui, Kegiatan Pengambilan Janji Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (FK UPR) Tahun 2021 merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh FK UPR.

Baru ini, FK UPR kembali menggelarnya pada Senin (01/03/2021) bertempat di Aula Bajenta RSUD Doris Sylvanus. Kegiatan tersebut disaksikan Direktur RSUD Doris Sylvanus yang diwakili oleh dr. Theodorus Sapta Atmadja, MM dan Ketua Komkordik, dr. Sigit Nurfianto, Sp.OG (K).

Kegiatan Pengambilan Janji Dokter Muda FK UPR ini diikuti oleh 51 mahasiswa yang telah menyelesaikan Pendidikan sarjananya dan telah menyandang gelar S.Ked, Kegiatan Pengambilan Janji Dokter muda ini merupakan keharusan bagi mahasiswa FK UPR untuk melanjutkan menjadi mahasiswa KOAS (dokter muda) yang akan masuk pada tahapan kepanitraan klinis di RSUD Doris Sylvanus (RSDS).

“Kedepannya setelah mengucap janji diharapkan agar para dokter muda dapat berkreatifitas sesuai dengan janji yang mereka ikrarkan,” kata Syamsul Arifin.

Selain itu, Syamsul menekankan kepada mahasiswa dokter muda FK UPR, untuk memegang janji dokter muda yang telah diucapkan.

Rektor juga mengingatkan kembali agar para dokter muda membaca pedoman Pendidikan tahap profesi. Apabila mendapati kendala ataupun masalah selama Pendidikan dapat berkonsultasi kepada pembimbing masing-masing.

“Bisa kepada ketua/sekertaris Prodi Profesi serta Ketua/wakil/sekertaris Komkordik yang berkaitan dengan sistem Pendidikan Tahap Profesi. Tetap terus mengupdate informasi dengan bagian akademik FK UPR agar tidak ketinggalan informasi-informasi terkait dengan Pendidikan yang sedang mereka jalani.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE.,M.Si menyampaikan Terima kasihnya kepada Dekan Syamsul Arifin, terlebih kepada RSDS yang berkenan menjadi tempat KOAS bagi lulusan FK UPR.

“Kami titipkan anak-anak kami untuk menjalankan kepaniteraan klinis, mohon bimbingan dan asuhan para pembimbing klinis, semoga mereka lancar dan sukses melewati tahap ini.” ucap rektor. (Rul)

Berita Terkait