Begini Syarat SNMPTN

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi, berdiskusi dengan salah seorang peserta Rakernas Kemenristikdikti, di Universitas Diponegoro Semarang, Jumat (04/01/2019).

PALANGKA RAYA – Pemerintah sudah menetapkan tiga jalur, dan kuota Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) tahun 2019. Bersamaan dengan itu, pemerintah menetapkan pula syarat bagi peserta yang ingin mengikuti SMPTN tahun 2019.

Syarat itu, sudah disampaikan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia (RI), dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Universitas Diponegoro (Undiv) Semarang yang dihadiri rektor PTN seluruh Indonesia.

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi mengatakan, Kemenristekdikti menetapkan syarat peserta SMPTN. Syarat itu yang harus dipenuhi peserta, ketika ingin masuk PTN pilihannya.

“Syarat sekolah, mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Bagi sekolah akreditasi A, mengikutsertakan 40 persen siswa terbaik. Kalau B 25 persen, dan C 5 persen. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” ungkap Andrie, melalui pesan aplikasi whatsapp, Sabtu (05/01/2019).

Untuk syarat peserta, kata Andrie, siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir tahun 2019 memiliki prestasi unggul. Memiliki prestasi akademik, dan memenuhi syarat yang ditetapkan PTN. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan terdaftar di PDSS.

Selanjutnya, jelas Andrie, memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 yang diisikan di PDSS. Peserta yang memilih bidang seni, dan olahraga, wajib mengisi portofolio.

“Kalau pilihan program studi, peserta bisa memilih 2 dari 1 PTN, atau 2 PTN. Disarankan tidak boleh lintas minat. Tapi itu tergantung kebijakan PTN,” ungkap Andrie.(redaksi)

Berita Terkait