Bidang Kemahasiswaan UPR Dorong Mahasiswa Untuk Kembangkan Softskill Berwirausaha

PALANGKA RAYA – Bidang Kemahasiswaan UPR, sangat konsen dalam mendorong mahasiswa-mahasiswanya untuk bisa memiliki kemampuan berwirausaha. Salah satu upaya tersebut yakni melalui budidaya ikan lele yang melibatkan mahasiswa-mahasiswa UPR yang berasal dari Papua.

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, melalui Wakil Rektor Bidang Hukum Organisasi SDM dan Kemahasiswaan Prof Dr Suandi Sidauruk MPd mengatakan bahwa universitas sangat mendukung dan mendorong para mahasiswa untuk dapat memiliki softskill dalam berwirausaha.

Melalui budidaya ikan lele yang bekerja sama dengan pihak Fakultas Pertanian (Faperta) UPR, pihaknya terus melakukan berbagai inovasi agar budidaya ini dapat dilakukan dan dapat memberi manfaat bagi mahasiswa-mahasiswa tersebut.

“Budidaya lele ini dikelola oleh mahasiswa kita asal Papua. Dimana setelah 2,5 bulan dibudidayakan, maka benih lele tersebut sudah siap untuk dipanen. Nah setelah panen, masih ada yang harus di evaluasi, seperti kalkulasi pemberian pakan ikan yang efektif agar tidak terjadi kebocoran biaya pengelolaan budidaya lele kita ini. Kita kedepannya akan terus berinovasi untuk menemukan pola budidaya lele yang lebih efektif dan efisien,” ujarnya, Kamis (13/02/2020) sore.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa selain budidaya lele, pihaknya juga akan mengembangkan program budidaya lainnya seperti budidaya jamur, pertanian, perkebunan dan peternakan untuk menunjang mahasiswa dalam mengembangkan dan memperoleh softskill.

“Semua itu akan dimulai dalam skala kecil saja, hanya dilingkungan sekitar kampus UPR ini. Dengan tetap melibatkan mahasiswa kita dari berbagai program studi, jurusan dan fakultas. Agar ketika nanti lulus, mahasiswa selain memiliki ilmu pengetahuan, juga memiliki softskill dalam berwirausaha. Hal ini sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Menteri Pendidikan bahwa peserta didik harus memiliki softskill selain ilmu pengetahuan, agar dapat terserap di dunia usaha dengan lebih baik,” tutup Suandi usai menyaksikan panen ikan lele yang dilakukan oleh mahasiswa Papua dan Faperta UPR. – FL –

Berita Terkait