Daya Saing Industri Harus Ditingkatkan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPR saat menggelar Seminar Peningkatan Daya Saing UMKM dalam Era Revolusi Industri 4.0 di Aula Rahan Rektorat UPR, Selasa (18/12).

PALANGKA RAYA – Seminar Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Era Revolusi Industri 4.0 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya (FEB UPR) di Aula Rahan Rektorat UPR, Selasa (18/12), diikuti ratusan peserta yang sebagian besar kalangan mahasiswa.

Menurut Ketua Panitia Seminar, Dr Sunaryo N Tuah SE MP, seminar ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi realitas dunia saat ini yang memang telah memasuki revolusi industri ke empat. Di mana telah terjadi lemparan besar dalam sektor industri. Pada revolusi ini, teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya.

“Kita perlu menyikapi perubahan ini dengan cepat dan tepat melalui penyusunan strategi yang mampu meningkatkan daya saing industri sekaligus menciptakan lapangan kerja yang lebih luas, khususnya bagi pelaku UMKM,” jelas Sunaryo pada kegiatan tersebut.

Dari seminar ini, diharapkan peserta mengetahui dan memahami konsep tentang Revolusi Industri 4.0, mengetahui sejauhmana dampak positif dan negatif dari Revolusi Industri 4.0 baik berupa peluang maupun ancaman bagi industri dalam negeri, dan secara khusus bagi daya saing UMKM.

Menurut Sunaryo, peserta seminar juga diharapkan mengetahui langkah apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi dan memanfaatkan peluang Revolusi Industri 4.0 ini. Sehingga bisa meningkatkan daya saing industri dalam negeri khususnya bagi para pelaku UMKM.

Sementara itu, seminar ini menghadirkan dua narasumber masing-masing Ananda Sabil Hussein SE M.Com Ph.D selaku dosen senior manajemen FEB Universitas Brawijaya Malang dan Dr Rudy Aryanto SE MM yang juga Ketua Program Studi Kewirausahaan Universitas Bina Nusantara Bandung.
Dalam paparannya, kedua narasumber lebih banyak mengupas tentang kondisi sejumlah perusahaan besar, peluang usaha, dan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh seseorang jika ingin berusaha. Selain paparan, seminar ini juga diisi dengan tanya jawab antar narasumber dengan peserta.(redaksi)

Berita Terkait