Mahasiswa Diajarkan Pengelolaan UMKM Diera 4.0

Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggu di Palangka Raya mengikuti seminar pengelolaan UMKM, di aula Rahan, beberapa waktu lalu.

PALANGKA RAYA – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Palangka Raya (UPR), menggelar Seminar Nasional (Seminas). Seminar bertajuk Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kegiatan diikuti lebih dari 400 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Palangka Raya dan pengusaha UMKM. Kegiatan menghadirkan narasumber Ananda Sabil Hussein dari Universitas Brawijaya Malang, dan Rudy Aryanto dari Universitas Bina Nusantara Bandung.

Dekan FEB UPR Dr Miar, SE, M.SI, Kamis (20/12), menuturkan, pelaksanaan Seminas Peningkatan UMKM bertujuan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa, ahar tidak hanya mengetahui dari sisi teori saja tentang pengembangan UMKM. Namun, langsung mengetahui aplikasi dari materi yang disampaikan Narasumber.

“Sekarangkan sudah masuk era 4.0, sehingga segala sesuatu terlaksana super cepat. Kita berharap setelah mendapat materi dari narasumber yang memang ahli dibidangnya, mahasiswa bisa menerapkan apa yang ingin dikembangkan,” tukasnya.

Menurutnya, era 4.0 membuat komponen harus bisa membaca situasi tantangan dan peluang usaha yang akan dikembangkan. Mahasiswa, tidak hanya berpikir menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi dapat memiliki sifat membangun usaha mandiri atau berwirausaha.

Di sisi lain, kegiatan Seminas sangat bermanfaat bagi semua komponen, baik itu mahasiswa UPR sendiri maupun mahasiswa perguruan tinggi lainnya. Agar, mahasiswa mengetahui bagaimana mengembangkan UMKM.

“Jadi melalui kegiatan ini, wawasan mahasiswa akan bertambah. Dengan demikian, mahasiswa juga bisa mengetahui apa-apa saja peluang yang bisa dilakukan dalam usaha UMKM,” tutup Miar.(redaksi)

Berita Terkait