Fakultas Hukum UPR Menuju Akreditasi A

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Fakultas Hukum (FK) Universitas Palangka Raya (UPR) menargetkan akreditasi A atau menuju Fakultas unggulan. Untuk itu, mulai awal tahun 2021, pihaknya akan mengembangkan hal yang perlu untuk mencapai tujuan tersebut.

Diungkapkan Dekan FH, Dr. Suriansyah Murhaini S.H., M.H, bahwa FH dibinanya saat ini berakreditasi B dan ke depannya akan diupayakan untuk mencapai akreditasi A.

“Kita mempersiapkan akreditasi di Tahun 2021 untuk 2022. Karena akreditasi ini gambaran kualitas pendidikan. Yang ada sekarang adalah B. Namun kedepannya ingin menjadi akreditasi A (Unggulan),” katanya saat dibincangi, Selasa (26/01/2021).

Lanjutnya, untuk dapat mencapai tujuan tersebut, ada beberapa langkah kedepan yang akan dipersiapkan. Yakni peningkatan fasilitas penunjang perkuliahan, laboratorium hukum dan peningkatan kualitas serta kinerja dosen.

Dr. Suriansyah Murhaini S.H., M.H.

“Pertama kita persiapkan fasilitas peningkatan pendidikan. Dosen yang melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Dalam point ini seperti memperkuat metode mengajar, penelitian dan pembuatan jurnal terakreditasi, penulisan modul, pembuatan buku yang kemudian publikasi karya ilmiah. Hal ini yang menjadi penilaian tertinggi untuk menjadi fakultas unggulan,” katanya.

Ditambahkan pria yang pernah menjabat Wakil Rektor Umum dan Keuangan ini bahwa selain peningkatan internal, juga perlu adanya pengembangan eksternal. Yakni menjalin kerjasama keluar.

“Kemudian sangat penting juga, lebih banyak bekerja sama dengan institusi lain. Akan kita kembangkan, seperti kerjasama ke pihak kepolisian, peradilan, kejaksaan, lembaga hukum, asosiasi advokad dan notaris. Karena lembaga tersebut ranah kita. Dimana pasar FH adalah itu. Dimana lulusan FH akan masuk kesana,” ucapnya.

Pria pemegang sabuk hitam dalam beladiri Karate tersebut menyampaikan harapannya bahwa setiap rencana tersebut, memerlukan sinergisitas dan dukungan.

“Rencana tersebut juga mendukung visi misi Rektor. Di satu sisi ilmu pendidikan saya adalah hukum, bahkan sedikit lebih terlibat dalam pendirian FH UPR. Oleh itu saya mengajak para dosen yang ada untuk bekerja keras, tuntas, ikhlas. Bahkan perlu dukungan pemerintah dan mitra kerja,” Tutupnya. (Rul)

Berita Terkait