FH UPR Kini Miliki Seorang Guru Besar

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Menjadi sejarah pertama, Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya (UPR) mendapatkan seorang akademisi bergelar Profesor. Dia adalah Dekan FH-UPR Prof. Dr. H. Suriansyah Murhaini, S.H., M.H.

Hal ini pun menjadi kebanggaan, khususnya mahasiswanya yang disampaikan melalui  presiden mahasiswa FH UPR, Gusti Dede Agustie.

“Hari ini adalah hari bersejarah Fakultas Hukum UPR. Dimana telah dikukuhkannya dekan kami menjadi guru besar yakni Prof Dr H Suriansyah Murhaini, SH., MH. Ini membuat kami bangga,” ucapnya usai kegiatan pengukuhan guru besar yang digelar di PPIIG UPR pada Sabtu (23/04/2022) pagi.

Dikukuhkannya beliau sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Sosiologi Hukum pada Fakultas Hukum Palangkaraya, juga memperkaya literatur ilmu hukum yang dapat dikembangkan di FH UPR.

‘’Dalam pidato ilmiah beliau saat itu, Prof Sur (sapaan akrabnya) mencoba menyoroti problema penegakan hukum di Indonesia dalam konteks dan kajian Sosiologi Hukum. Seperti kita ketahui, khususnya di kalangan akademisi dan para mahasiswa Fakultas Hukum masih perlu literatur terkait sosiologi hukum,’’ ujarnya.

Diungkapkannya bahwa Suriansyah menerangkan, sosiologi hukum yang dilihat dari problematika penegakan hukum di Indonesia bukan dari substansi atau materi hukum akan tetapi lebih mengarah pada apa yang ditimbulkan dari dampak diberlakukannya hukum.

Hubungan sosial dalam kelompok atau masyarakat lanjutnya sangat berpengaruh dengan penerapan hukum yang dijalankan.

“Saya mewakili seluruh mahasiswa Fakultas Hukum UPR menyampaikan rasa bangga terhadap pencapaian Dekan kami. Saya sempat berdialog dengan Bapak Tahasak selaku Wadek 3 bagian kemahasiswaan bahwa selama 20 tahun Fakultas Hukum UPR berdiri, Bapak Suriansyah adalah Profesor atau guru besar pertama di Fakultas Hukum yang telah kami nanti-nantikan. Ini adalah satu harapan baru bagi kami untuk kualitas pendidikan dan akreditasi yang lebih baik di Fakultas Hukum.” papar Gusti. (Tim)

Berita Terkait