MK Kembangkan Teknologi Informasi

Dr Manahan MP Sitompul SH MHum

PALANGKA RAYA – Mahkamah Konstitusi (MK) telah melakukan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Pengembangan itu dilakukan melalui sejumlah langkah penguatan IT yang diarahkan pada penanganan perkara, penyediaan layanan publik dan layanan informasi berbasis elektronik.

Dengan pengembangan dan penguatan IT ini, acara persidangan MK bahkan bisa diikuti melalui video conference.

“Dalam rangka pemilu, MK ikut mempersiapkan diri termasuk melakukan perubahan hukum acara penanganan perselisihan hasil pemilihan umum anggota legislatif dan penanganan perselisihan hasil pemilihan presiden dan wakil presiden,” sebut Hakim MK, Dr Manahan MP Sitompul SH MHum dalam sambutannya pada acara pembukaan “Short Course Constitution” Hak Konstitusional Warga Negera pada Pemilu Serentak 2019, di Swissbell Hotel Danum Palangka Raya, Jumat (29/3/2019).

MK akan menyelenggarakan persidangan peradilan yang cepat, sederhana dan berbiaya ringan. MK juga telah mempersiapkan pemeriksaan persidangan jarak jauh berdasarkan permintaan pemohon dan/atau pencari keadilan atau kuasanya.

“Layanan ini mempermudah masyarakat pencari keadilan dan stakeholders mengikuti proses persidangan melalui video conference. Para pihak bisa memanfaatkan video conference di 33 provinsi (42 Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia,” sebutnya.

Short Course Constitution Hak Konstitusional Warga Negera pada Pemilu Serentak 2019 ini, dipusatkan Palangka Raya, dan diikuti oleh 42 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Acara ini dihadiri Rektor Universitas Palangka Raya, Dr Andrie Elia SE MSi beserta jajarannya. (yfd/red)

Berita Terkait