Pemenuhan Hak Dasar Warga Dijamin Negara

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi menerima cinderamata dari Hakim MK Dr Manahan MP Sitompul SH MHum, pada Short Course Constitution, Hak Konstitusional dalam Pemilu Serentak Tahun 2019 di Swissbel Hotel Danum Palangka Raya, Jumat (29/3/2019).

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi menegaskan, hak memberikan suara atau memilih merupakan hak dasar setiap individu atau warga negara. Pemenuhannya dijamin oleh negara. Ketentuan ini, diatur dalam Pasal 1 ayat (2), Pasal 2 ayat (1), Pasal 6A (1), Pasal 19 ayat (1), Pasal 22C (1) UUD 1945.

“Perumusan sejumlah pasal tersebut sangat jelas bahwa tidak dibenarkan adanya diskriminasi ras, kekayaan, agama dan keturunan,” tegas Andrie dalam sambutannya pada Short Course Constitution, Hak Konstitusional dalam Pemilu Serentak Tahun 2019 di Swissbel Hotel Danum Palangka Raya, Jumat (29/3/2019).

Ketentuan UUD tersebut, jelas Rektor, mengarahkan bahwa negara harus memenuhi segala bentuk hak asasi setiap warga negaranya. Khususnya terkait dengan hak pilih setiap warga negara dalam pemilihan umum (pemilu), pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Indonesia.

Dipaparkan, makna dari ketentuan tersebut menegaskan bahwa segala bentuk produk hukum perundang-undangan yang mengatur tentang pemilu, pilpres dan pilkada. Khususnya yang mengatur hak pilih warga negara, seharusnya membuka ruang seluas-luasnya bagi setiap warga negara untuk bisa menggunakan hak pilihnya.

“Pembatasan hak pilih warga negara merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM,” tegas Rektor UPR.

Acara ini dihadiri Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Dr Manahan MP Sitompul SH MHum, Kabid TIK MK RI Mula Pospos, Guru Besar Hukum dan HAM Universitas Cendrawasih Prof Melkias Hetharia SH MA MHum, dan Dekan Fakultas Hukum UPR Jhon Terson SH MHum.
Selain itu, hadir pula perwakilan partai politik peserta pemilu, mahasiswa Fakultas Hukum UPR.

Kegiatan ini juga diikuti oleh 42 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia melalui video conference. (mz/red)

Berita Terkait