FISIP UPR Gelar Kuliah Umum Tentang Paham Radikalisme

PALANGKA RAYA – Dalam upaya untuk terus menangkal masuknya paham radikal di lingkungan kampus, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Palangka Raya (UPR) dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kuliah umum.

Sesuai surat nomor 004/Pan.Pel/KU/2019 tanggal 4 Juli 2019, yang ditandatangani Ketua Panitia Kuliah Umum FISIP UPR Evi Nurleni MSi dan Sekretarisnya Suprayitno SAN MAP, kegiatan tersebut dijadwalkan pada Senin (18/7/2019) mendatang, bertempat di Aula Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya (UPR).

Tema yang diambil adalah “Paham Radikalisme dan Kampus”. Rencananya kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB hingga selesai.

Sekedar ingin diketahui, menurut para ahli, pengertian radikalisme adalah suatu ideologi (ide atau gagasan) dan paham yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan/ ekstrim.

Inti dari tindakan radikalisme adalah sikap dan tindakan seseorang atau kelompok tertentu yang menggunakan cara-cara kekerasan dalam mengusung perubahan yang diinginkan. Kelompok radikal umumnya menginginkan perubahan tersebut dalam tempo singkat dan secara drastis serta bertentangan dengan sistem sosial yang berlaku di masyarakat.

Radikalisme sering dikaitkan dengan terorisme karena kelompok radikal dapat melakukan cara apapun agar keinginannya tercapai, termasuk meneror pihak yang tidak sepaham dengan mereka. Walaupun banyak yang mengaitkan radikalisme dengan agama tertentu, pada dasarnya radikalisme adalah masalah politik dan bukan ajaran agama. (yfd/red)

Berita Terkait