15 Dokter Baru Dilantik dan Diambil Sumpah

Dekan FK UPR Dr dr H Syamsul Arifin menyerahkan ijazah kepada dokter baru pada rangkaian acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan Ke-XIII FK UPR bertempat di Aula Rahan, Lantai II Rektorat UPR di Palangka Raya, Senin (30/12/2019).

PALANGKA RAYA – Sebanyak 15 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (FK UPR) kini resmi menyandang gelar Dokter. Hal ini setelah mereka menjalani proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan Ke-XIII FK UPR bertempat di Aula Rahan, Lantai II Rektorat UPR di Palangka Raya, Senin (30/12/2019).

Acara ini dihadiri Wakil Rektor UPR Bidang Akademik Prof Dr Salampak MS, sejumlah pejabat rektorat dan FK UPR, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, perwakilan RSUD Doris Sylvanus, para dosen dan orangtua/wali dokter yang baru dilantik.

Dekan FK UPR Dr dr H Syamsul Arifin pada kesempatan itu, meminta semua dokter baru tersebut bisa menjaga nama baik almamater. Mereka ini setelah dilantikan, harus mengikuti program internship selama satu tahun, yaitu delapan bulan di rumah sakit kabupaten/kota dan empat bulan di puskesmas.

“Di program itu nantinya mereka akan berinteraksi dengan lulusan fakultas kedokteran lainnya. Kami berharap, Dokter baru ini dapat menjaga mutu dan kualitasnya, yang berarti pula menjaga nama baik diri dan almamater,” kata Syamsul Arifin.

Untuk jangka panjang, lanjutnya, diharapkan para dokter baru ini bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik doktoral maupun spesialis. Supaya ilmu yang dimiliki makin berkembang guna mendukung pengembangan profesi.

Diungkapkan pula, dengan dilantiknya 15 orang dokter baru ini, berarti dari sejak angkatan pertama FK UPR telah meluluskan sebanyak 120 orang dokter.

“Mereka kini ada yang bekerja di pemerintahan baik rumah sakit maupun lembaga pendidikan, di rumah sakit swasta dan ada yang melanjutkan ke pendidikan spesialis,” jelas Syamsul Arifin.(mz/red)

Berita Terkait