UKMPPD 18 Mahasiswa kedokteran Lulus 100 Persen

Prof Syamsul Arifin – FK UPR Sudah Cetak 226 Dokter

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Mengawali tahun 2022, Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (FK UPR) berhasil mengantarkan 18 mahasiswa profesi dokter lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Periode Februari 2022.

Istimewanya, 18 mahasiswa yang pertama kali ikut ujian ini lulus 100 persen. Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi merasa bangga dan senang atas keberhasilan lulus 100 persen mahasiswa FK UPR yang pertama kali ujian profesi. Dia mengucapkan selamat kepada dekan, dosen, mahasiswa FK atas keberhasilan lulus 100 persen untuk 18 mahasiswa.

“Ini menjadi barometer bahwa FK UPR sangat mampu bersaing dengan standar mutu nasional. Selama buat FK UPR Jaya Raya UPR,” kata Andrie Elia yang juga menjabat sebagai ketua KAGAMA Kalteng ini.

Sejak menjabat sebagai Rektor tahun 2018 akhir sampai saat ini, Andrie bersama-sama seluruh civitas akademika terus berusaha meningkatkan kualitas UPR. Mulai dari dosen, mahasiswa, staf, sarana dan prasarana. Dia terus mendorong agar seluruh program studi di UPR minimal mendapat akreditasi baik sekali (B).

Mengutip data https://pnukmppd.kemdikbud.go.id/ pada periode Februari tahun 2022 ada 3.649 peserta dari seluruh FK di Indonesia yang ikut UKMPPD. Ujian ini terdiri dari dua bagian. Yakni ujian CBT/computer baset test (tes berbasis computer) dan OSCE/ objective Structuter Clinical Examination (tes roleplay dokter dan pasien). Hasilnya untuk ujian CBT yang lulus 2.686 orang, dan OSCE yang lulus 2.553.

Sementara itu dihubungi secara terpisah Dekan FK UPR Prof Dr Syamsul Arifin membenarkan bahwa ada 18 mahasiswa yang pertama kali ikut UKMPPD ini lulus 100 persen. Setelah lulus ujian, baru mereka diambil sumpah dokter untuk menjadi dokter. Sejak tahun 2019, menurut Prof Syamsul ini pertama kalinya, mahasiswa profesi dokter yang pertama kali ujian, bisa lulus 100 persen. Biasanya, ada 1 atau 2 yang tidak lulus. “Total sudah 226 dokter yang berhasil kita cetak,” ujar Prof Syamsul.

Lanjutnya, ujian yang dilaksanakan secara nasional ini pada 26-27 Februari ini, hasilnya diumumkan 19 Maret 2022. Hasil UKMPPD ini bisa dilihat di https://pnukmppd.kemdikbud.go.id/.

“Keberhasilan first taker 100 persen ini merupakan buah dari perbaikan yang dilakukan oleh jajaran FK UPR. Ujian dilaksanakan di FK UPR. Jika sebelum2019, kita masih ikut di ULM untuk ujian ini,” ujar Prof Syamsul. (Rul)

Berita Terkait