FKIP UPR Menangkan Hibah Program Bantuan Pembelajaran

Prof Dr Joni Bungai MPd

PALANGKA RAYA – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya (FKIP-UPR), untuk kedua kalinya memenangkan hibah program dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kali ini hibah program yang dimenangkan, yakni Program Bantuan Pembelajaran Berpusat Pada Mahasiswa Berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) Direktorat Pembelajaran, Kemenristekdikti.

Dekan FKIP Prof Dr Joni Bungai MPd kepada uprjayaraya.com, Selasa (18/6/2019), mengatakan, kemenangan FKIP mendapatkan hibah program pembelajaran itu berkat dukungan penuh dari Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi.

“Berkat dukungan dan dorongan Rektor itu, Tim Penyusun Proposal yang dipimpin Prof Agus Hariono mengusulkan proposal hibah ke tingkat nasional. Proposal tersebut di diusulkan, agar mendapatkan program bantuan pembelajaran mahasiswa yang menggunakan TIK atau berbasis ICT,” tukasnya.

Menurutnya, kerja keras itu akhirnya membuahkan hasil. Bahkan dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia, hanya 10 yang memenangkannya.

Pasalnya FKIP UPR, menjadi satu-satunya fakultas di Kalimantan yang mendapat program hibah itu.

Tidak itu saja, lanjut Joni, pada 2019 FKIP UPR juga mendapatkan program hibah dosen penugasan ke sekolah. Maksudnya dari penugasan itu, agar dosen dapat mengetahui bagaimana cara guru mengajar di sekolah dan akan diterapkan kepada mahasiswa.

Dengan adanya program itu, pada saatnya lulusan FKIP siap terjun langsung mengajar di sekolah. Karena lulusan, sudah mengetahui bagaimana pola guru mengajar di sekolah.

“Dulu berbeda, dosen punya pola tersendiri, begitu juga dengan guru. Dengan adanya program ini, antara dosen dan guru bisa berkolaborasi dan menyamakan persepsi bagaimana pola mengajar di sekolah,” tutup Joni Bungai. (il/red)

Berita Terkait