Kelulusan PPG Tergantung Kerja Keras Peserta

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi didampingi Dekan FKIP Prof Dr Joni Bungai MPd dan Koordinator PPG Prof Dr Eddy Lion MPd, secara simbolis memasangkan jaket peserta PPG Angkatan II 2019, Rabu (3/7/2019).

PALANGKA RAYA – Kegiatan Orientasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Angkatan II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya (UPR) Tahun 2019, dilaksanakan tanpa mengenal hari minggu. Praktiknya dilakukan di sekolah-sekolah yang ada Kota Palangka Raya yang akreditasinya A dan B. Sebanyak 200 guru peserta PPG ini diharapkan bekerja dan berjuang keras, agar berhasil lulus hingga mendapatkan sertifikasi pendidik.

Koordinator PPG UPR, Prof Dr Eddy Lion MPd menegaskan, kelulusan dalam PPG ini adalah atas usaha dan kerja keras dari peserta yang bersangkutan.

“Kalaupun ada pihak yang menyatakan bisa menolong untuk meluluskan, itu adalah suatu kebohongan belaka,” kata Eddy Lion pada pembukaan kegiatan orientasi tersebut di aula Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Rabu (3/7/2019).

Dikatakan, kegiatan untuk mendapatkan sertifikat pendidik ini dilaksanakan hingga 1 September 2019 nanti. Para peserta adalah guru-guru yang sudah berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sebagian besar bertugas di daerah-daerah terpencil di wilayah Provinsi Kalteng. Wilayah terpencil dimaksud, banyak yang sama sekali tidak terjangkau signal/jaringan internet.

Dekan FKIP UPR Prof Dr Joni Bungai MPd dalam sambutannya mengungkapkan, PPG ini adalah program pemerintah pusat agar guru memiliki sertifikat pendidik. Jumlah peserta sebanyak 200 orang ini adalah kuota (jatah) yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

“Untuk bisa lulus, semuanya tergantung dari perjuangan peserta sendiri. Tentu kami mengharapkan lulus 100 persen. Jaga kesehatan, atur ritme kegiatan supaya tetap sehat dan berhasil lulus,” kata Joni Bungai.

Untuk bisa lulus, jelasnya, tidaklah mudah. Sebab, uji pengetahuan dilakukan secara online. Meski demikian, peserta diminta harus bersemangat mengikuti semua kegiatan dalam PPG ini.

Sebelumnya, Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi dalam arahannya meminta agar para peserta PPG ini jangan mudah putus asa walaupun jauh dari keluarga.

“Ini adalah peluang untuk mendapat sertifikasi. Jaga integritas dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar selalu sehat setiap hari, panjang umur dan selalu sukses.(mz/red)

Berita Terkait