Pendidikan Teknik Mesin UPR Gelar Muswil FMMI se-Kalimantan

Ketua Prodi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UPR Wiyogo ST MT berfoto bersama peserta PMTM Wilayah III Kalimantan pada rangkaian kegiatan tersebut, Selasa (30/4/2029).

PALANGKA RAYA – Prodi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya (FKIP UPR) mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah Pertemuan Mahasiswa Teknik Mesin (PMTM) III se-Kalimantan 2019. Kepercayaan ini disepakati Forum Mahasiswa Mesin Indonesia (FMMI) Wilayah VII Regional Kalimantan.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Yogi Aprianto mengungkapkan, PMTM III se-Kalimantan 2019 di Palangka Raya ini dirangkai dengan Musyawarah Wilayah (Muswil) dan berlangsung pada 29 April – 3 Mei 2019.

“Kegiatan ini diikuti sekitar 100 mahasiswa Teknik Mesin dari perwakilan tujuh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta (PTS) yang ada di Kalimantan,” jelas Yogi kepada uprjayaraya.com, Selasa (30/4/2019).

PTN dan PTS dimaksud, papar Yogi, di antaranya Politeknik Negeri Pontianak (Kalbar), Politeknik Negeri Samarinda (Kaltim), Universitas Balikpapan (Kaltim), Universitas Lambung Mangkurat (Kalsel), Universitas Islam Kalimantan (Kalsel), Politeknik Tanah laut (Kalsel) dan Universitas Antakusuma Pangkalan Bun (Kalteng).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin, ajang silaturahmi dan perumusan hal-hal untuk kemajuan teknik mesin kedepannya.

“Kita yang berada di Wilayah VIII Kalimantan, ada sekitar 15 PTN dan PTS yang memiliki jurusan dan Prodi Teknik Mesin, yang mengirimkan perwakilannya. Tapi untuk saat ini tidak semua teman-teman dapat hadir, karena berbenturan dengan UTS dan kegiatan lainnya di kampus masing-masing,” ungkap Yogi.

Ditambahkan, perencanaan kemajuan FMMI Wilayah VIII akan dibahas dan dirumuskan dalam kegiatan tersebut. Sehingga FMMI Wilayah VIII tidak ketinggalan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Selain itu, untuk menunjukkan bahwa Teknik Mesin UPR juga dapat berperan aktif mengembangkan FMMI Wilayah VIII.

“Beberapa agenda sudah dibahas. Semua perwakilan menginginkan kemajuan FMMI Wilayah VIII Kalimantan
Untuk itu, kita akan bersama-sama membawa kemajuan mahasiswa Teknik Mesin dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, kita dari teknik mesin UPR sangat bangga menjadi tuan rumah kegiatan ini sehingga kita bisa menunjukan eksitensi bahwa kami juga turut andil dalam pengembangan mahasiswa teknik mesin di Kalimantan,” tambahYogi.

Lebih lanjut, Yogi berharap melalui kegiatan ini, silaturahmi antar mahasiswa Teknik Mesin tetap berlanjut. Di samping itu, dapat memberikan bukti nyata kepada masyarakat.

“Semoga Mahasiswa Teknik Mesin dapat menjadi agen perubahan di era millennial ini. Sehingga kegiatan ini bermanfaat bagi semua peserta dan juga masyarakat,” harapnya.(jk/red)

Berita Terkait