Prodi BK Berangkatkan 41 Mahasiswa KKL Ke Jawa

Ketua prodi BK Romiyati S.Psi, Guru Besar Prodi BK Prof Helmuth Y Bunu foto bersama mahasiswa usai acara pelepasan keberangkatan KKL ke Pulau Jawa, Sabtu (6/4/2019) di halaman kampus BK UPR.

PALANGKA RAYA – Sebanyak 41 mahasiswa program studi (prodi) Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke tiga kota di Pulau Jawa. Tiga kota dimaksud adalah Surabaya, Malang dan Yogyakarta. Keberangkatan KKL tersebut dilepas oleh Ketua prodi BK, Romiyati S.Psi, bertempat di halaman kampus BK UPR, Sabtu (6/4/2019).

Romiyati dalam arahannya mengungkapkan, tujuan KKL ini untuk membuka wawasan tentang prodi BK yang ada di Pulau Jawa. Di mana dalam kegiatan ini para peserta KKL akan menyambangi beberapa kampus. Sehingga menjadi referensi bagi mahasiswa.

“Selama ini mahasiswa tahu BK itu hanya belajar di kampus saja. Nah, kami ingin membuka wawasan mahasiswa BK UPR baik sistem pembelajaran, sistem perkuliahan dan hal-hal baru yang ada di kampus lain,” ungkap Romiyati.

Selain menyambangi beberapa kampus, KKL ini juga akan mengunjungi sejumlah sekolah, untuk melihat penerapan studi BK di sekolah.

“Sudah pasti nanti para mahasiswa akan mengunjungi beberapa sekolah untuk melihat, membandingkan dan mempelajari penerapan studi BK di sekolah tersebut”, jelasnya.

Lebih lanjut, Romiyati menambahkan, BK UPR saat ini mempunyai laboratorium dan fasilitas lainnya yang perlu pengembangan.

“Hasil studi banding ini akan menjadi oleh-oleh, sehingga pada saat pulang nanti sudah banyak referensi untuk pengembangan kampus BK,” tambahnya.

Kegiatan ini diperkirakan memakan waktu kurang lebih seminggu. Selama KKL, mahasiswa diharapkan tetap belajar, tidak mengutamakan jalan-jalannya.

“Sebenarnya memang ada waktunya wisata, namun kami berharap untuk tetap fokus pada tujuan KKL-nya. Sehingga para mahasiswa dapat wawasan dan pengalaman yang bagus dari hasil kegiatan ini,” harap Romiyati.(mz/red)

Berita Terkait