Sertifikasi Pendidik Bukti Profesionalnya Seorang Guru

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi didampingi Dekan FKIP Prof Dr Joni Bungai MPd dan Koordinator PPG Prof Dr Eddy Lion MPd menyalami peserta Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II FKIP UPR Tahun 2019, Rabu (3/7/2019).

PALANGKA RAYA – Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan adalah ajang bagi guru-guru untuk meningkatkan kualitasnya sebagai pendidik di dalam kancah masyarakat mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Tentu PPG ini menjadi suatu kewajiban dan keharusan jika guru ingin profesional sesuai standar dan itu harus dibuktikan dengan adanya sertifikasi.

Penjelasan itu disampaikan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) dalam arahannya kepada peserta Orientasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Angkatan II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPR Tahun 2019 di aula Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Rabu (3/7/2019).

Dalam hal ini, lanjut Andrie Elia, peningkatan kualifikasi guru harus mengikuti standar yang telah diterapkan oleh pemerintah secara nasional. Dengan demikian, maka nantinya anak yang dididik oleh guru-guru yang sudah profesional, akan mempunyai daya saing yang berkualitas baik.

Dalam kondisi sekarang ini, dunia sudah tidak ada sekat, pengetahuan dan pendidikan tanpa mengenal batas negeri, karena sudah berbasis era Revolusi Industri 4.0, era berbasis digital. Untuk itu, sistem pembelajaran selain praktik-praktik lapangan, evaluasinya juga haruslah menggunakan metode daring (dalam jaringan) digital.

“Kelemahan kita, yaitu guru-guru tidak akrab dengan IT (Teknologi Informasi). Karena di dunia maya semuanya bisa kelihatan. Rajin-rajinlah membuka web situs dunia pendidikan, bukan web-web gosip dan lainnya yang tidak ada kaitannya dengan pendidikan,” tandas Andrie Elia.

Pada kesempatan ini, Rektor juga berharap agar peserta PPG ini bisa lulus 100 persen dan mendapatkan sertifikasi pendidik seperti yang diharapkan bersama.

Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPR Tahun 2019 ini diikuti peserta sebanyak 200 guru yang sebagian besar dari daerah-daerah terpencil di Kalteng. Acara pembukaan kegiatan ini dihadiri Dekan FKIP Prof Dr Joni Bungai MPd, Koordinator PPG UPR Prof Dr Eddy Lion MPd, sejumlah Guru Besar FKIP UPR dan kalangan dosen.(mz/red)

Berita Terkait