UWAIS Prodi PPKn Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh UWAIS Prodi PPKn, FKIP Universitas Palangka Raya, Minggu (24/11/2019).

PALANGKA RAYA – UWAIS Prodi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Palangka Raya (UPR) mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu (24/11/2019).

Kegiatan ini Mengambil Tema “Jadikan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Sebagai Moment Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT”.

Selain Dosen Program Studi PPKn, kegiatan ini dihadiri mahasiswa Program Studi, PPKn, serta tamu undangan. Penceramah diisi oleh Ustadz Sumardi Bahrani SSos.I.

Acara dimulai dengan penampilan habsyi Langgar Baiturahman, mahasiswa pun datang dan melakukan registrasi. Setelah itu pada Pukul 08.30 WIB, acara dimulai dari Habsyi, pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, Sambutan-sambutan, ceramah agama, pemberian kenangan kepada penceramah, dan dokumentasi.

Setelah pembukaan, yaitu dilanjutkan dengan pembacaan ayat Suci Al-Quran. Setelah itu Sambutan-sambutan, Sambutan Ini terdiri dari Sambutan Ketua Panitia dan Program Studi PPKn.

Sambutan Ketua Panitia yaitu Ahmad Satria mengatakan Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan Program yang setiap tahunnya diadakan oleh UWAIS Prodi PPKn, serta mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah membantu untuk menyelenggarakan acara Maulid Nabi Ini dan terima kasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi pada acara Maulid Nabi Ini.

Ahmad Satria juga mengatakan kegiatan maulid nabi ini sebagai silaturahmi terhadap sesama umat Muslim.

Sambutan juga disampaikan oleh Ketua Prodi PPKn Dr Eli Karliani MPd. Dikatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh UWAIS Prodi PPKn, yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dalam penyelenggaraan kegiatan Maulid Nabi ini agar kita sebagai umat muslim untuk meneladani Nabi Muhammad SAW yang merupakan seseorang yang mempunyai akhlak yang baik dan suri tauladan yang baik, maka dari itu kita patut untuk meneladani sikap Rasulullah SAW tersebut.

“Untuk kegiatan selanjutnya agar tetap dilaksanakan dan ini sebagai bentuk Program Tahunan UWAIS Prodi PPKn. Kegiatan ini juga untuk memperingati hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW,” kata Dr Eli Karliani.

Tibalah acara inti yaitu ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Sumardi Bahrani. Dalam ceramahnya, Ustadz Sumardi Bahrani mengatakan, dalam kita memperoleh keimanan dan Ketakwaan kita dengan cara kita untuk memberbanyak silaturahmi dan ibadah, serta iman merupakan keyakinan dalam hati

“Untuk kita beriman itu kita harus yakin terhadap diri kita terlebih dahulu, serta dia menjelaskan Cara Takbiratul Ihram yang benar menurut Imam Malik, Imam Hanafi, dan Imam Syafi’i dan cara sholat yang benar,” kata dia.

Dalam Ceramahnya yaitu dalam rangka memperingati Maulid Nabi SAW ini kita jadikan untuk meningkatkan keimanan kita, serta dalam menghadiri acara seperti, Tablig Akbar, dan yang lainnya untuk meningkatan keimanan, karena iman manusia ini naik-turun.

Setelah Ceramah ada Diskusi sekitar 15 Menit, setelah diskusi pemberian kenangan untuk Ustadz Sumardi Bahrani yang diserahkan oleh Ahmad Saefulloh, SPdI MPd. (yfd/red)

 

Berita Terkait