BEM FMIPA Gelar Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Dekan FMIPA UPR Prof Dr Ir Sih Winarti MS bersama para pejabat, narasumber l, dan BEM FMIPA, berkesempatan foto bersama usai kegiatan workshop penulisan karya tulis ilmiah, Senin (13/5/2019).

PALANGKA RAYA – Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM-FMIPA), Universitas Palangka Raya (UPR), menggelar Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Senin (13/5/2019).

BEM-FMIPA UPR dalam rilisnya yang diterima uprjayaraya.com, Selasa (14/5/2019), menyebut, kegiatan yang dilaksanakan di Aula FMIPA UPR ini adalah yang pertama kali diselenggarakan BEM FMIPA UPR, dan mengusung tema Penggunaan IPTEK dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

Tak tanggung-tanggung, narasumber yang mengisi acara itu merupakan Dosen Kimia FMIPA UPR, sekaligus peraih medali emas PIMNAS 2014 yaitu Rendy Muhamad Iqbal SSi MSi.

Sementara tujuan dari diselenggarakannya workshop penulisan karya tulis ilmiah, adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas mahasiswa sebagai generasi muda dalam menuangkan ide kreatif melalui karya tulis ilmiah yang nantinya akan berguna di masa depan.

Selain itu melalui penyelenggaraan, diharapkan generasi-generasi muda dapat menjadi pribadi yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam mencetuskan gagasan-gagasan baru untuk menyelesaikan permasalahan bangsa.

Peserta yang mengikuti acara workshop itu berasal dari berbagai instansi seperti Universitas Palangka Raya, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Politeknik Kesehatan Palangka Raya, dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya yang totalnya sebanyak 63 orang.

Dari kegiatan tersebut, masing-masing peserta yang hadir mendapatkan fasilitas berupa sertifikat, konsumsi, dan Aplikasi Mendeley.

Tidak itu saja, workshop yang dilaksanakan terbagi menjadi dua sesi utama. Kedua sesi tersebut, yakni materi Sukses Menulis Karya Tulis Ilmiah, dan materi Praktik Penggunaan Aplikasi Mendeley.

Pada acara ini, semua peserta diwajibkan membawa komputer jinjing, serta diajarkan langsung bagaimana cara menggunakan Aplikasi Mendeley. Aplikasi Mendeley, merupakan aplikasi yang berkaitan erat dengan penulisan karya tulis ilmiah, karena dapat memudahkan penggunanya dalam membuat sitasi dan daftar pustaka. (il/red)

Berita Terkait