Seorang Mahasiswa MIPA UPR Raih Juara di Lomba Esai Nasional

PALANGKA RAYA – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) adalah fakultas kedelapan yang berada di Universitas Palangka Raya (UPR). Fakultas ini merupakan fakultas termuda yang baru menerima mahasiswa baru pada tahun 2018.

Meskipun berstatus sebagai anak bungsu, hal ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa Fakultas MIPA UPR dalam meraih prestasi gemilang.

Baru-baru ini, seorang mahasiswa Fakultas MIPA UPR berhasil menyabet prestasi yang sangat membanggakan. Berjalannya perkuliahan selama hampir dua semester, mengantarkan satu orang mahasiswa dari Fakultas MIPA UPR untuk bertanding dalam sebuah perlombaan di tingkat nasional.

Perlombaan yang dimaksud adalah Lomba Esai yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Yogyakarta pada bulan Juli lalu.

Seorang mahasiswa Fakultas MIPA UPR yang mengikuti ajang kompetisi ini berasal dari program studi Kimia, yang atas nama Riaa Safitri sebagai salah satu peserta Lomba Esai.

Seorang mahasiswa ini dibimbing oleh seorang dosen dari program studi Kimia, yaitu Rendy Muhamad Iqbal SSi MSi. Adapun topik yang diajukan oleh seorang mahasiswa ini adalah “Sintesis MnO2/SiO2 dari Pasir Silika Kotawaringin Timur sebagai Catalytic Converter untuk Mereduksi Gas Buang Kendaraan Bermotor” yang mengacu pada subtema “Inovasi dalam penemuan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan.”

Penyusunan esai oleh seorang mahasiswa tersebut dilakukan selama kurang lebih satu bulan terhitung sejak awal bulan Mei hingga akhir bulan Mei. Hal ini tentu dilakukan dibawah bimbingan dosen pembimbing. Esai yang telah disusun dikirimkan pada tanggal 02 Juli 2019 melalui email riaasafitri2410@gmail.com.

Pemenang Esai yang diikutkan dalam kompetisi ini diumumkan pada tanggal 31 Juli 2019 melalui Instagram kmp_UNY.
Karya Esai seorang mahasiswa Fakultas MIPA UPR berhasil meraih Juara Harapan 2 Lomba Esai yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Juara pertama diraih oleh seorang mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret, juara kedua diraih oleh seorang mahasiswa dari Universitas Negeri Medan, juara ketiga diraih oleh seorang mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada, juara harapan pertama diraih oleh seorang mahasiswa dari Universitas Brawijaya, juara harapan kedua diraih oleh seorang mahasiswa dari UPR, sedangkan juara harapan ketiga diraih oleh seorang mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada.

Hal itu menunjukkan bahwa UPR mampu dan layak bersaing dengan seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Penghargaan yang didapatkan oleh seorang mahasiswa Fakultas MIPA UPR berupa Sertifikat. (yfd/red)

 

Berita Terkait