Tiga Mahasiswa Fakultas MIPA Raih Prestasi Tingkat Nasional

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) patut berbangga. Pasalnya, tiga orang mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) berhasil meraih juara III di Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2019.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia.

Tiga mahasiswa Fakultas MIPA yang tergabung dalam satu tim tersebut yakni Elda Alyatikah, Siswo dan Riaa Safitri. Ketiganya merupakan mahasiswa Program Studi Kimia, Fakultas MIPA, UPR.

Prestasi yang berhasil diraih tiga mahasiswa tersebut, sebenarnya tidak terlepas pula dari bimbingan Rendi Muhamad Iqbal SSi MSi, selaku Dosen Program Studi Kimia.

Karya tulis diajukan mengambil topik Sintetis Katalis ZSM-5 Mesopori dari Pasir Silika Kalimantan Tengah untuk Konversi Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Cair.

Topik tersebut dipilih karena dianggap memiliki keunggulan dalam hal pemanfaatan sumber daya alam Kalimantan Tengah yaitu Pasir Silika sekaligus mengatasi limbah plastik yang dapat merusak lingkungan dan ekosistem.

Penyusunan karya tulis ilmiah dilakukan ketiga mahasiswa ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan, terhitung mulai pertengahan Maret hingga medio April, dan dikirim pada tanggal 23 April 2019 melalui email ketua tim.

Karya tulis yang diikutkan dalam kompetisi ini harus melalui dua tahapan seleksi. Pertama diumumkan pada 2 Mei 2019 dan dinyatakan 40 dari 100 karya tulis ilmiah yang lolos seleksi.

Kemudian tahap kedua diumumkan pada 9 Mei 2019 dan dinyatakan tiga karya tulis meraih juara. Untuk juara I diraih tim mahasiswa Institut Pertanian Bogor, juara II diraih tim mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sedangkan tim mahasiswa dari Fakultas MIPA UPR meraih juara III.

Atas prestasi tersebut, tiga mahasiswa tersebut mendapatkan e-sertifikat, uang pembinaan dan souvernir. (yfd/red)

Berita Terkait