Fakultas Perikanan Mimpi Lama Yang Belum Terwujud

Ketua Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya Ir Natalio Bugar MP.

PALANGKA RAYA – Gedung beratap biru persis di depan bangunan Huma Betang komplek Universitas Palangka Raya (UPR), sudah cukup lama. Bangunan itu, berada di areal lahan yang cukup luas. Bahkan batas tanah yang dimiliki, menembus hingga Jalan Yos Sudarso. Setidaknyabada 450 mahasiswa yang menempuh perkuliahan di bangunan tersebut.

Bangunan yang sudah mulai dirintis sejak Rektor dijabat Prof Ali Hasymi, memang diproyeksikan menjadi sebuah fakultas baru di UPR. Itu merupakan sebuah mimpi yang sejak lama, belum terwujud. Gedung itu, milik Jurusan Perikanan yang sampai sekarang pengelolaannya masih berada di bawah Fakultas Pertanian.

Ketua Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Ir Natallo Bugar MP menceritakan, sejak Rektor dijabat Prof Ali Hasymi, memang sudah disiapkan gedung perkuliahan yang ptesentatif. Niat suatu saat, Jurusan Perikanan sudah bisa berdiri sendiri menjadi Fakultas. Mimpi lama itu, sekarang mulai didengungkan kembali, sejak kepemimpinan Rektor DR Andrie Elia Embang SE MSi.

“Kita memang sudah lama bermimpi menjadi Fakultas Perikanan. Rektor UPR DR Andrie Elia Embang SE MSi, kembali menggelorakan mimpi itu,” ungkap Bugar, Kamis (10/01/2019).

Bugar kembali mengenang, bagaimana memperjuangkan Jurusan Perikanan menjadi sebuah Fakultas. Namun sayangnya, ketika itu tidak didukung Dirjen Pendidikan Tinggi. Namun sekarang, keinginan menjadi sebuah Fakultas, seperti sebuah mimpi yang segera terwujud. Setidaknya sinyal itu, sudah diberikan Rektor UPR.

Menurut Bugar, perjalanan menuju sebuah Fakultas yang mandiri, memang tidak mudah. Banyak persyaratan yang harus disiapkan. Tetapi, persoalan tersebut secara perlahan, sudah mulai bisa dicarikan solusinya. Apalagi ada komitmen kuat Rektor yang ingin menjadikan Jurusan Perikanan menjadi Fakultas.

“Kita sangat mendambakan menjadi Fakultas. Mudahan dengan dukungan Rektor, itu segera terwujud. Sebuah mimpi lama yang diharapkan bisa terwujud,” ungkap Bugar.

Ia mempunyai keyakinan, Fakultas Perikanan segera terwujud. Apalagi dari segi sumberdaya manusia, sudah terpenuhi. Tinggal melakukan pembenahan dari sisi infrastruktur. Namun dengan komitmen Rektor, pastinya bukan menjadi persoalan yang sulit. Paling penting sekarang, bagaimana menjadikan program studi di Jurusan Perikanan bisa mendapatkan akreditasi B

Akreditasi, jelasnya, menjadi salah satu faktor penunjang, mewujudkan Jurusan Pertanian menjadi sebuah Fakultas. Meski, ada beberapa persoalan lain yang memang harus dipenuhi. Paling tidak, pihaknya sudah berusaha, dan berjuang mimpi lama tersebut.(redaksi)

Berita Terkait