Empat Mahasiswa Faperta Raih Beasiswa ORF

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, mengenakan selempang kepada para mahasiswa penerima Beasiswa ORF.

PALANGKA RAYA – Empat mahasiswa Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya (Faperta UPR), sangat beruntung. Mereka memeroleh beasiswa pendidikan dari Orangutan Republic Foundation (ORF) melalui fasilitasi Borneo Nature Foundation (BNF). Beasiswa itu, diserahkan langsung oleh Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi.

Dekan Faperta UPR Ir Cakra Birawa MP, kemarin, menjelaskan, beasiswa dari ORF yang disalurkan melalui BNF itu merupakan tahun kedua yang pihaknya terima. Pada tahun pertama 2018 lalu, terdapat dua mahasiswa Jurusan Kehutanan, Faperta UPR, yang mendapatkan beasiswa serupa.

“Mereka (mahasiswa penerima beasiswa) diseleksi melalui dua tahapan. Pertama seleksi melalui jurusan, dikhususkan bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi secara akademik,” terangnya.

Kedua, seleksi dilakukan di tingkat fakultas yang melibatkan Wakil Dekan II sebagai Ketua Tim Seleksi bersama Wakil Dekan III dan Ketua Jurusan Kehutanan, didampingi dua orang dari BNF.

Menurutnya, beasiswa itu diperuntukkan bagi mahasiswa tidak mampu yang berprestasi di tingkat semester II, dan diterima hingga tahun keempat selama menempuh pendidikan. Sedangkan besaran beasiswa yang diterima, yakni USD1.500 per tahun.

“Tentu beasiswa ini sangat membantu mahasiswa dalam menempuh pendidikan di UPR. Namun sebagai penerima beasiswa, mahasiswa diwajibkan mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan BNF, dan magang di BNF setahun sekali,” ungkapnya.

Ditambahkan Cakra, dengan adanya beasiswa tersebut, mahasiswa penerima diharapkan dapat semakin peduli terhadap orangutan khususnya, serta memiliki jiwa konservasi.

Cakra menyebut, awalnya terdapat 56 mahasiswa yang mendaftar, dan dari seleksi tahap pertama didapat 19 mahasiswa yang dinyatakan layak untuk mengikuti seleksi tahap kedua.

Kemudian dari proses seleksi tahap kedua, didapatkan empat mahasiswa sebagai calon penerima beasiswa ORF, untuk selanjutnya ditetapkan empat orang berdasarkan ranking penilaian sebagai penerima beasiswa ORF. Keempat mahasiswa itu, yakni Glen Widodo, Dhodi Prasetia, Hasyim Asy’ Ari Mulawarman, dan Fani Delina Sari Sinaga. (il/red)

Berita Terkait