Fakultas Pertanian UPR Dukung Program Food Estate

Ir Cakra Birawa MP

PALANGKA RAYA – Program Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah menjadi atensi Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya (FP UPR).

Dekan FP UPR, Ir Cakra Birawa MP mendukung pelaksanaan salah satu Program Strategis Nasional tersebut. Namun, sebelum Program Food Estate dilaksanakan sebaiknya dipersiapkan secara matang.

“Sebelum diimplementasikan, harus dipersiapkan secara matang. Karena kita punya pengalaman masa lampau, yakni Program Satu Juta Hektar. Dari pengalaman itu, tentunya hal-hal dulu yang menjadi suatu kendala dan masalah harus diperbaiki,” kata Cakra Birawa, Senin (11/3/2019)

Dia berpendapat, sejumlah komoditas yang akan dikembangkan, seperti padi organik di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, serta jagung di Barito Utara dan lainnya tersebar adalah hal yang tepat. Mengingat, lokasi pengembangan yang dilakukan sangat sesuai dengan kondisi geografis wilayah, khususnya terkait dengan faktor tanah.

Hanya memang, lanjut Ir Cakra, sebagian wilayah yang dijadikan kawasan pengembangan Food Estate masuk dalam kawasan hutan, sehingga semua harus dipersiapkan secara matang. Walaupun terkait dengan program itu ada pro dan kontra, tetapi melihat dari pengalaman justru diperlukan tenaga yang cukup besar.

“Kalau kita hanya mengandalkan tenaga yang ada, masih sangat kurang. Kita melihat dari pengalaman cetak sawah contohnya, banyak yang tidak ada tenaganya. Berkaca dari itu, perlu dipersiapkan secara matang tenaga kerjanya. Bagi tenaga kerja lokal perlu dilakukan pelatihan dan lain sebagainya agar siap menjalankan program yang sudah direncanakan,” terangnya. (yfd/redaksi)

Berita Terkait