Faperta UPR Bahas Persepsi Pertanian di Lahan Gambut

Dekan Faperta UPR Ir Cakra Birawa MP (duduk, kemeja putih tengah) foto bersama para peniliti pertanian di lahan gambut, usai membuka FGD Persepsi Pertanian di Lahan Gambut, Rabu (20/3/2019).

PALANGKA RAYA – Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Palangka Raya (UPR), secara serius membahas persepsi pertanian di lahan gambut.

Pembahasan ini dilakukan dalam Fokus Grup Discussion (FGD) di Neo Hotel Palangka Raya, Rabu (20/3/2019).

Dekan Faperta UPR Ir Cakra Birawa MP mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dengan mengangkat tema “Pengelolaan Lahan Gambut Berkelanjutan Bagi Komunitas Petani”.

Kegiatan itu merupakan bagian dari proyek penelitian lahan gambut yang berkelanjutan. Sedangkan pelaksanaan penelitian, didanai Dewan Riset Bioteknologi dan Ilmu Biologi, Britania Raya.

“Dalam melaksanakan proyek ini, kami bekerja sama dengan Universitas Nottingham dan Universitas Leicester, Inggris,” ungkap Cakra.

Sementara inti dari penelitian yang dilakukan, lanjut Cakra, yakni mempelajari keberlanjutan ekosistem gambut dan keberlanjutan ekonomi dari penggunaan lahan gambut, terutama petani kecil (smallholder). (il/red)

Berita Terkait