Pertanian Rakyat di Lahan Gambut Dilakukan Penelitian

Dekan Faperta UPR Ir Cakra Birawa MP menyampaikan arahannya saat membuka secara resmi FGD Persepsi Pertanian di Lahan Gambut, di Neo Hotel Palangka Raya, Rabu (20/3/2019).

PALANGKA RAYA – Besarnya potensi pertanian di lahan gambut yang dimiliki Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), kini menjadi perhatian dunia.

Perhatian itu, tampak dari kerja sama antara Universitas Palangka Raya (UPR) dengan Universitas Nottingham dan Universitas Leicester, Inggris.

Kerja sama tersebut dilakukan dalam sebuah penelitian lahan gambut berkelanjutan, yang didanai Dewan Riset Bioteknologi dan Ilmu Biologi, Britania Raya.

Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) UPR, Ir Cakra Birawa MP kepada uprjayaraya.com, Rabu (20/3/2019), menjelaskan, penelitian yang dilakukan adalah untuk meneliti dampak ekonomi, sosial dan lingkungan dari pertanian rakyat saat ini. Khususnya di area lahan gambut dan lahan pertanian yang letaknya berdekatan dengan lahan gambut.

Proyek penelitian itu adalah sebuah proyek multidisiplin, yang menyatukan para peneliti Indonesia dan Britania Raya yang terkemuka di sejumlah bidang berbeda.

“Tujuannya untuk lebih memahami keterkaitan antara lingkungan lahan gambut dan sistem pertanian rakyat, serta dampaknya terhadap kesejahteraan manusia, pembangunan ekonomi dan kualitas lingkungan,” tandas Cakra Birawa MP. (il/red)

Berita Terkait