Tiga Calon Dekan Faperta UPR Paparkan Visi dan Misi

PALANGKA RAYA – Tiga calon Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya (Faperta UPR) periode 2019-2023, telah memaparkan visi dan misinya dalam proses awal pemilihan Dekan fakultas setempat, pekan kemarin.

Ketiga kandidat ini adalah Prof Ir Bambang S Lautt MSi, Dr Ir Evi Veronica MS, dan Dr Ir Sosilawaty MP.

Data yang dihimpun uprjayaraya.com, Prof Bambang S Lautt dalam proses pemilihan Dekan Faperta UPR ini mengangkat visi “Faperta UPR sebagai pusat pengembangan IPTEK Pertanian di lahan gambut dan daerah aliran sungai (DAS) serta menghasilkan SDM yang unggul, mandiri dan inovatif”.

Misinya adalah meningkatkan profesionalisme pelayanan dengan mengerahkan dan mengarahkan segala potensi untuk meningkatkan kualitas manajemen, organisasi dan kepemimpinan yang berorientasi pada kualitas dan keterbukaan. Mengembangkan dan meningkatkan mutu proses belajar mengajar yang lebih kondusif. Meningkatkan penelitian pertanian berkelanjutan dengan mengangkat kearifan lokal serta meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

Kemudian, mengembangkan pola pengabdian masyarakat dengan membangun desa binaan serta mengembangkan IT di Faperta UPR. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha dan dunia industri.

Kandidat kedua, yakni Dr Evi Veronica mempunyai misi “Akselerasi menuju Fakultas Pertanian yang unggul, inovatif dan menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing tinggi”.

Sedangkan misinya adalah menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berkualitas unuk mewujudkan mutu lulusan yang unggul. Mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang inovatif, kreatif serta menghasilkan riset unggulan di bidang ilmu pertanian sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Meningkatkan status jurusan Kehutanan dan jurusan Perikanan menjadi fakultas. Meningkatkan akreditasi program studi di lingkungan Faperta UPR dari B menjadi A.

Selanjutnya, mengembangkan kerja sama kelembagaan, baik tingkat lokal, regional, nasional dan internasional. Menyelenggarakan tata kelola yang partisipatif, akuntabel dan transparan serta komunikatif. Mendirikan Program Magister (S2) Ilmu Pertanian.

Sementara Dr Sosilawaty, mengusung misi “Mewujudkan Fakultas Pertanian yang unggul dan menghasilkan sumberdaya manusia yang berkarakter serta berdaya saing, dan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan pertanian secara luas dan berkelanjutan”.

Kandidat ketiga ini mengangkat misi menyelenggarakan pendidikan bermutu/berkualitas sesuai bidang ilmu yang ada di Faperta UPR. Meningkatkan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang kreatif, inovatif dan berdaya saing sesuai dengan kebutuhan masa kini dan mendatang.

Meningkatkan/mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di bidang pertanian dalam arti luas dan berkelanjutan khususnya Iptek di kawasan rawa gambut tropika, DAS serta lingkungannya.

Kemudian, menyelenggarakan kehidupan akademik yang demokratis, sehat dan bertanggungjawab, serta memanfaatkan sumberdaya yang ada secara optimal, transparan, akuntabel dan berkelanjutan. Mewujudkan pengembangan pendidikan dan pengajaran dengan meningkatkan akreditasi dan pengembangan jurusan Kehutanan dan Perikanan menjadi fakultas. Selanjutnya, penguatan sistem manajemen mutu menuju efisiensi dan profesionalitas.

Pemaparan visi dan misi tiga kandidat calon Dekan Faperta UPR ini disaksikan langsung oleh Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi dan beberapa Dekan Fakultas lainnya di lingkungan UPR. (mz/red)

Berita Terkait