Mahasiswa Harus Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Ir Waluyo Nuswantoro MT

PALANGKA RAYA – Seluruh mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya (FT-UPR), diminta harus siap menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pasalnya, dalam era tersebut telah melahirkan pergerakan dunia industri yang tidak lagi linier. Sehingga mengakibatkan persaingan dunia kerja menjadi semakin ketat.

Dekan FT UPR Ir Waluyo Nuswantoro MT, kemarin, mengatakan, dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, diharapkan seluruh mahasiswa dapat lebih kreatif dan inovatif, serta menguasai ilmu pengetahuan dan literasi teknologi.

“Era Revolusi Industri 4.0 sudah masuk ke semua lini kehidupan. Tidak hanya di bidang teknologi saja, tetapi sudah menyasar ke bidang ekonomi, budaya dan dunia pendidikan,” imbuhnya.

Menurutnya, di Era Revolusi Imdustri 4.0 merupakan integrasi pemanfaatan internet dengan lini produksi di dunia industri, yang memanfaatkan kecanggihan teknologi serta informasi.

Selain itu, karakteristik Revolusi Industri 4.0 meliputi digitalisasi, optimalisasi, dan kostumisasi di segala bidang.
Oleh sebab itu, setiap mahasiswa diharapkan dapat mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Dengan begitu, mahasiswa tidak akan tergilas kemajuan teknologi sekarang ini.

“Tantangan itu, perlu dihadapi dengan cara meningkatkan kualitas diri secara terus menerus, atau jangan hanya puas dengan ilmu yang ada. Melainkan terus belajar dan berkembang, untuk meningkatkan kapasitas diri menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” pungkas Waluyo Nuswantoro. (il/red)

Berita Terkait