FKIP UPR Mengadakan Webinar Nasional 2020

Uprjayaraya.com
PALANGKA RAYA,
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya (UPR) mulai menunjukan jati dirinya dengan melaksanakan Webinar Nasional pada12 November 2020. Hal ini diungkapkan Rektor UPR Dr.Andrie Elia S.E.,MS.i melalui Dekan FKIP Dr. Natalina Asi, MA.

Tema yang diangkat dalam Webinar ini adalah “Pendidikan Masyarakat Dan Trend Pembelajaran Era Industry 4.0 (Belajar Dari Era Pandemi Covid 19), ungkapnya Senin (16/11/20).

Kegiatan melalui online ini menggunakan aplikasi Zoom dan mengundang beberapa narasumber yang berkompeten dibidang Pendidikan Masyarakat. Salah satu narasumber, adalah Dr. H Elih Sudiapermana, M.Pd, salah seorang dosen Departemen Pendidikan Masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung dan Narasumber Kedua adalah: Dr (Cand) Santoso, S.Pd, M.Si selaku Kepala BP-PAUD & DIKMAS Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya saat membuka Webinar ini Dekan FKIP Natalina mengapresiasi semangat kerja Program Studi Pendidikan Luar Sekolah walau dalam masa pandemic namun dapat menyiapkan dan menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional 2020.

Lebih jauh Natalina berharap dengan adanya kemajuan teknologi akan memberikan kemudahan bagi civitas akademika FKIP UPR, khususnya Program Pendidikan Luar Sekolah dalam melaksanakan proses belajar mengajar dengan dapat bersilaturahmi dan berbagi pengalaman serta pengetahuan. Mahasiswa dengan kemampuan penguasaan digital di era 21 ini dapat berpikir kritis, solving (dapat memecahkan masaalah red.), kreatif, inovatif, komunikatif dan kolaboratif dengan masyarakat.

 

 

“Peserta Webinar Nasional ini berasal dari seluruh Indonesia yang terdiri dari dosen, alumni, pemangku kebijakan, mahasiswa, praktisi pendidikan masyarakat, guru, aktivis pendidikan dan stakeholder yang hingga saat pendaftaran di buka berjumlah 200 peserta,” ungkap Natalina.

Dijelaskan pula bahwa kegiatan ini adalah kegiatan pertama yang diselenggarakan oleh Prodi PLS sebagai salah satu media promosi memperkenalkan prodi PLS FKIP, UPR di kalangan masyarakat luas. Kegiatan ini juga dijadikan sebagai media pembelajaran bagi seluruh peserta tentang Pendidikan Masyarakat sehingga kedepannya dapat menciptakan lulusan Program Pendidikan Luar Sekolah yang mampu mengisi sudut kehidupan dan sesuai dengan dinamika era digital sebagai agen perubahan di bidang pendidikan, terutama Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Masyarakat.

Sedangkan materi yang disampaikan narasumber adalah pentingnya pendidikan masyarakat terkait dengan menjaga kesehatan, pentingnya belajar bersama keluarga, pentingnya pendidikan lingkungan, dan pentingnya pendidikan literasi digital serta adanya pendidik di era 4.0 baik tutor/mentor, trainer, facilitator, social innovator, dan change agent yang menjamin terjadinya proses yang memberikan akses, control, dan manfaat bagi masyarakat, baik invividu maupun sistem sosialnya.

Natalina berharap Webinar Nasional 2020 Program Studi Pendidikan Luar Sekolah ini dapat bermanfaat bagi dosen, mahasiswa, stakeholder dan pemangku kebijakan. (Rul)

Berita Terkait