Gunakan Waktu Luang Untuk Bertani

Ajak Mahasiswa Ikut Aktif Bercocok Tanam

Uprjayaraya.com
PALANGKA RAYA,
Dimasa Pendemi Covid-19, aktivitas perkuliahan didominasi dengan kuliah daring. Selebihnya mahasiswa diminta untuk mengembangkan pengetahuannya secara mandiri. Ada satu kebiasaan yang bisa dilakukan dimasa pandemi, satu diantaranya bercocok tanam.

Hal inilah yang juga dilakukan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Dr. Andrie Elia S.E.,M.Si. Bahkan sebagian besar civitas UPR, melakukan hal yang sama.

“Selain dapat mengisi waktu selama masa pandemi Covid-19, kegiatan ini juga secara langsung mendukung program ketahanan pangan yang dilakukan pemerintah. Minimal manfaatnya untuk diri sendiri,” Kata Rektor belum lama.

Lanjutnya, selain mendukung program ketahanan pangan, aktivitas bercocok tanam bisa menjadi pengalaman dan memberikan contoh kepada masyarakat lingkungan sekitar.

Dr. Andrie Elia S.E.,M.Si

“Bisa memanfaatkan lahan sendiri, lahan kosong sekitar kita. Bisa mandiri atau mengajak masyarakat untuk bersama berkebun. Bagi mahasiswa UPR, bisa juga memanfaatkan lingkungan lahan UPR,” Katanya.

Khusus untuk mahasiswa UPR, Rektor menyarankan untuk mulailah dari sekarang untuk manfaatkan waktu senggang sebaik mungkin. Selain mendapatkan pengetahuan dan pengalaman, tentu menikmati hasil panennya.

“Artinya, kelak bila lulus kuliah, minimal sudah ada modal pengalaman atau modal dari hasil bercocok tanam tadi. Bisa juga budidaya ikan atau lainnya. Menaman sayur, buah atau bibit ikan,” Katanya.

Lanjutnya, akan lebih mudah lagi bila mahasiswa membuat kelompok untuk melakukan hal tersebut. Lebih baik lagi bila mengajak masyarakat sekitar untuk bergabung dalam kegiatan berkebun. (Rul)

Berita Terkait