Hasilkan Kajian Sosiologis, Rektor UPR Terbitkan Buku Sosiologi Ekonomi.

Rektor Universitas Palangka Raya, DR. Andrie Elia SE MSi saat memperkenalkan buku Sosiologi Ekonomi kepada salah seorang ketua forum kemasyarakatan di Palangka Raya Kalimantan Tengah baru baru ini.

Uprjayaraya.com, PALANGKA RAYA — Meski padatnya agenda dan kesibukan, Dr Andrie Elia SE MSi yang merupakan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), masih sempat meluangkan waktu untuk menulis sebuah buku, kajian sosiologi ekonomi.

Bahkan, karya tulisannya tersebut kini telah dibukukan, dengan judul Sosiologi Ekonomi, terbitan dari Trussmedia Grafika, Bangutapan Bantul Yogyakarta ini.

Serta, telah mengantongi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (KEMENKUMHAM RI), dengan nomor pencatatan 000178828.

Saat dibincangi awak media, Rektor UPR ini menjelaskan secara singkat isi buku ini, yangmana didalamnya membahas sosiologi ekonomi, sebagai sebuah ilmu yang mengkaji hubungan antara manusia, sebagai anggota masyarakat, dalam interaksi sosial dan ekonomi.

“Sosiologi ekonomi menelaah perilaku manusia sebagai individu dan anggota masyarakat, dalam memenuhi kebutuhannya.”

“Sosiologi ekonomi, tidak memahami ekonomi secara individu, seperti dalam ekonomi klasik, melainkan lebih memandang ekonomi masyarakat secara keseluruhan,” terang Dr Andrie Elia yang sekarang juga menjabat sebagai Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng.

Ditambahkan Dr Andrie Elia, maksud dari buku ini ialah sebagai suatu kajian sosiologis, terhadap ekonomi.

Dimana, materi yang dibahas dalam buku ini, meliputi berbagai hal dalam setiap upaya manusia, untuk memenuhi kebutuhannya, yaitu terhadap ekonomi.

Rektor Universitas Palangka Raya, DR.Andrie Elia SE MSi (kanan) bersama Wakil Ketua MPR-RI DR.Syariefuddin Hasan.

 

Dalam buku ini, juga membahas bentuk-bentuk ekonomi, yang dianut negara, serta peran atau intervensi negara, dalam bidang ekonomi.

“Harapannya, buku ini bisa berkontribusi dalam pengembangan literasi, dan refrensi bahan ajar, untuk pengembangan keilmuan, terutama dalam bidang kajian sosial dan ekonomi,” tutup Rektor UPR ini. (SS)

Berita Terkait