Integrated Farming UPR Sebagai Pusat Percontohan Pertanian Lahan Gambut Dunia

Ket gbr. Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) DR. Andrie Elia SE MSi saat menanam pohon jenis Tabebuya di lahan gambut dikawasan kampus UPR.

 

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR), sebagai Perguruan Tinggi yang menjadi pusat penelitian gambut dunia, terus melakukan berbagai Inovasi.

Salah satunya dengan mengembangkan kawasan pertanian terpadu atau Integrated Farming di atas lahan gambut yang berada di atas lahan milik UPR dengan luas kurang lebih 5 Ha.

Pada kawasan pertanian terpadu UPR ini juga kelak akan dikembangkan edukasi pertanian, perikanan, peternakan serta kehutanan di masa mendatang.

Ketika ditemui saat mengunjungi kawasan pertanian terpadu UPR tersebut, Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi mengatakan, melalui kawasan pertanian terpadu ini dapat menjadi contoh untuk masyarakat dan dunia dalam upaya mengembangkan pertanian di lahan gambut.

“Hal ini juga untuk mendorong serta mempersiapkan Kalimantan Tengah menjadi daerah penyangga pangan Ibukota Negara Baru. Dengan memberikan dukungan penyediaan berbagai komoditas pertanian, perkebunan holtikultura, perikanan dan peternakan,” ujarnya, Minggu (09/02/2020).

Rektor berharap, melalui kawasan pertanian terpadu UPR ini, dapat memberikan pendidikan ‘life skill’ bagi para mahasiswa UPR. Dengan demikian, mahasiswa lulusan Fakultas Pertanian UPR, akan memiliki kemampuan berwirausaha, daya saing dan mudah terserap di dunia kerja.

Pada lokasi yang sama, Ketua Tim Kawasan Pertanian Terpadu UPR, Dr Nyahu Rumbang menuturkan bahwa Integrated Farming ini tidak hanya berfokus pada sektor pertanian saja, tetapi juga perikanan dan peternakan.

Kemudian, melalui kawasan pertanian terpadu UPR ini juga diharapkan dapat menunjang peningkatan akreditasi Fakultas Pertanian serta seluruh program studi didalamnya.

“Harapannya nanti, ini dapat menjadi faktor penunjang peningkatan akreditasi Faperta UPR. Dengan mengajak tim assesor dari BAN-PT untuk melihat kawasan pertanian terpadu UPR kita ini yang tidak terfokus pada pertanian saja, namun juga peternakan, perikanan, kehutanan dan budidaya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir mendampingi Rektor dalam kegiatan kunjungan ke kawasan pertanian terpadu UPR yakni Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UPR Prof Dr Sulmin Gumiri PhD, Wakil Rektor Bidang Hukum Organisasi SDM dan Kemahasiswaan Prof Dr Suandi Sidauruk MPd,
Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPR Dr H Suriansyah Murhaini SH MH, Dekan FISIP UPR Prof Dr Ir Kumpiady Widen PhD, beserta jajaran pimpinan UPT UPR lainnya. – FL –

Berita Terkait