Ketua DWP UPR Berharap Wanita Tingkatkan Kualitas dan Merebut Peluang Mengisi Pembangunan

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Peringatan Hari Kartini tahun 2021 ini diperingati secara berbeda oleh Universitas Palangka Raya (UPR) ditengah-tengah wabah pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia sehingga mengakibatkan berbagai kebiasaan hidup masyarakat berubah untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19.

“Hari Kartini adalah momentum untuk mengingat perjuangan pahlawan perempuan di Indonesia. Kartini merupakan seorang pelopor kebangkitan kaum wanita di Indonesia, khususnya kaum pribumi,” ungkap Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Palangka Raya, Dra. Riap Susilawati M.Si yang juga isteri dari Rektor UPR Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si., Selasa (21/4/21).

“Peringatan hari Kartini harus dimaknai sebagai momen penyemangat meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan perempuan agar mampu merebut peluang terlibat mengisi pembangunan,” ungkap Riap saat dibincangi melalui pesan WA pada Rabu (21/04/2021).

Ditegaskannya bahwa momentum hari kartini bukan hanya dirayakan dengan memakai baju kebaya saja, bukan hanya lomba atau seremonial lainnya. Lebih dari itu bagaimana mengenang Kartini dengan meningkatkan kualitas dan peran perempuan di segala sektor.

Ny. Dra. Riap Susilawati, M.Si.

“Saya berharap masyarakat tidak merasa bahwa nilai dan makna Hari Kartini berkurang karena tahun ini Hari Kartini tak bisa dirayakan seperti biasanya. Bahkan disaat begini, diperlukan semangat Kartini jaman now. Peran wanita dalam membantu perekonomian keluarga, mencerdaskan bangsa, menjaga kesehatan keluarga dan turut serta dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Wanita yang juga menjadi ibu bagi Civitas UPR menyampaikan bahwa dibalik semua laki-laki yang hebat ada Perempuan yang luar biasa. Ada banyak perempuan menjadi pendamping keberhasilan. Baik menciptakan generasi pembangunan, istri bagi suami yang memimpin negeri dan daerah dan menjadi pemersatu bangsa.

“Sentuhan peran wanita yang telah mendharmakan hidupnya untuk memberi ketentraman kepada suaminya, melahirkan dan mencerdasakan generasi muda penerus pembangunan, menjaga lingkungan adalah marwah Kartini. Bukan hanya membantu tangan, kaki dan pikiran tetapi juga dengan hati dan kelembutannya,” katanya.

Ia menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia khususnya Perempuan Kalimantan Tengah. Ia berpesan agar para Perempuan senantiasa menjaga kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19, tetap menjalankan peran sebagai seorang perempuan yang juga menjadi istri dan ibu. (Rul)

Berita Terkait