Koordinasi SNMPTN, Rektor UPR Rapat Via Online Bersama Pimpinan Perguruan Tinggi Se Indonesia

Rektor Universitas Palangka Raya, Dr. Andrie Elia, SE.MSi rapat via online dengan seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia terkait jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

 

Uprjayaraya.com

Palangka Raya,

Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, SE., MSi didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Salampak, MS dan Vincent Abdi Gunawan, ST., MT., sebagai Tim Pelaksana Teknis SNMPTN mengikuti Rapat Penerimaan Mahasiswa Baru tahun Akademik 2020/2021 jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN ) yang diselenggarakan secara Online pada hari Minggu, tanggal 5 April 2020.

Rapat yang dilakukan via online tersebut diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia dan juga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, MSc., DIC., Ph.D dan Sekjen Kemendikbud Prof. Ainun Na’im.

Kegiatan rapat ini direncanakan akan berlangsung hingga tanggal 7 April 2020. Pelaksanaan rapat secara online ini merupakan salah satu cara memutus rantai penyebaran Virus Corona Covid-19 yang telah menjadi persoalan nasional dan global.

Pada penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN 2020 ini di Universitas Palangka Raya sendiri jumlah calon mahasiswa yang telah mendaftar sebanyak 2.612 orang, sementara daya tampung total UPR untuk tahun 2020 jalur SNMPT sebesar 1.214 orang. Jumlah calon mahasiswa yang mendaftar sebagai peminat UPR tahun 2020 melalui jalur SNMPTN ini mengalami kenaikan sekitar 30% jika dibandingkan dengan penerimaan mahasiswa baru UPR tahun 2019 jalur SNMPTN.

Calon mahasiswa peminat UPR jalur SNMPTN 2020 tersebut berasal dari 152 kabupaten/kota yang tersebar di 28 provinsi yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk Provinsi Kalimantan Tengah, dari 375 SMA dan sederajat baik negeri maupun swasta yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah (data dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah), hanya ada 171 atau 45% SMA dan sederajat yang berpartisipasi sebagai peminat UPR jalur SNMPTN 2020.

DR. Andrie Elia, SE., MSi, Rektor UPR mengatakan bahwa secara internal UPR akan melakukan evaluasi dan pembenahan, termasuk melakukan promosi dengan lebih baik lagi.

“Sedangkan secara eksternal kami, UPR berharap sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah juga melakukan hal yang sama, antara lain meningkatkan akreditasi sekolah agar kuota dari sekolah untuk diundang melalui jalur SNMPTN semakin meningkat, dan juga tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan partisipasi sekolah dalam mendaftarkan sekolah ke portal laman LTMPT (Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi), dan juga diharap-harap sekolah-sekolah aktif melakukan pengisian data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)”. Ungkap Ketua Harian DAD Kalteng ini.

Andrie Elia pun menyampaikan bahwa UPR bersedia membantu sekolah-sekolah yang ada di Kalimantan Tengah untuk mendaftarkan sekolah atau siswanya di portal laman LTMPT, dan juga pada saat pengisian data di PDSS.

Selain membahas penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN 2020, juga langsung dilaksanakan Rapat koordinasi terkait penanganan penyebaran COVID-19 dimasing-masing perguruan tinggi dan bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama wabah Covid-19 ini.(Novia)

Berita Terkait