KUC Ingin PTN di Kalimantan Berdaya Saing

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi.

PALANGKA RAYA – Kalimantan University Consortium (KUC) terus berupaya mewujudkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di pulau Borneo, berdaya saing. Hal itu melalui pembangunan universitas yang berstandar internasional.

Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) DR Andrie Elia Embang SE MSi menyatakan, KUC berkomitmen mendorong pembangunan PTN di Kalimantan. Salah satunya melalui berbagai kerja sama, untuk mencari pendanaan pembangunan lingkungan kampus.

“Sejak berdiri tahun 2014, KUC sudah melakukan berbagai terobosan. Itu untuk mencari pendanaan pembangunan perguruan tinggi,” tegas Andrie, Selasa (5/3).

KUC, ungkap Andrie, untuk menggalang kekuatan bersama, dan meningkatkan daya tawar ke Kemenristekdikti. Hal itu supaya lebih berpihak kepada PTN yang ada di Kalimantan. Tujuannya, agar PTN di Kalimantan mempunyai daya saing dengan yang ada di daerah lain.

Akhirnya, jelas Andrie, KUC mendapatkan kesepakatan bersama Kemenristekdikti, untuk pendanaan pembangunan PTN di Kalimantan. Jadi pendanaan dibagi dua. Sarana, dan prasarana, akan dicarikan dana melalui kerja sama dengan Bank Pembangunan Asia.

“Kalau non sarana, dan prasana, pendanaan dari Kemenristekdikti. Itu sudah direspon Menristekdikti dalam pertemuan KUC, Senin (4/3), di Banjarmsin,” tegas Andrie.

Dikatakan Andrie, mekanisme pembiayaan ABD, memungkinkan anggota KUC yang terdiri dari UPR, Untan, ULM, Unmul, UBT, UB, dan ITK, membangun lingkungan kampus berstandar internasional. Dengan begitu, kampus di Kalimantan tidak kalah bersaing dengan yang ada di Jawa.

“Ini kesempatan UPR, untuk bangkit, dan berkembang. Kalau pembangunan terealisasi, semakin memudahkan menjadikan UPR Jaya Raya. Kita akan memiliki daya saing, dan tidak kalah dengan PTN lainnya,” tegas Andrie.(redaksi)

Berita Terkait