KUC Perkuat Kerja Sama Hadapi Industri 4.0

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi.

PALANGKA RAYA – Kerja sama perguruan tinggi di pulau Kalimantan terus diperkuat. Salah satunya melalui pembentukkan Kalimantan University Comunity (KUC). Hal itu untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi mengungkapkan, revolusi industri 4.0, merupakan tantangan kedepan. Tentu perguruan tinggi harus siap menghadapi persaingan global. Jangan sampai kalah dengan perguruan tinggi dari daerah lain.

“KUC sebagai tempat kerja sama perguruan tinggi di Kalimantan. Nantinya akan saling mendukung,” tegas Andrie, Rabu (06/03/2019).

KUC, jelas Andrie, akan melihat apa kelebihan yang dimiliki perguruan tinggi. Setelah itu, akan dilakukan kerja sama untuk pengembangannya. Potensi itu, menjadi andalan perguruan tinggi yang dimaksud. Dengan begitu, universitas di Kalimantan akan semakin berdaya saing.

Tentunya, kata Andrie, persaingan antara perguruan tinggi akan semakin terbuka, dengan adanya revolusi industri 4.0. Perguruan tinggi harus kuat, dan mampu menghadapinya. Kalau tidak, akan tertinggal daru universitas lain.

“Kita harus kuat. Jadi perlu strategi pengembangan. KUC solusi dari rencana pengembangan perguruan tinggi di Kalimantan. KUC akan membuat kita memiliki daya saing,” ungkap Ketua Harian Dewan Adat Dayak Kalteng itu.(redaksi)

Berita Terkait