Mahasiswa Diharapkan Jadi Pemimpin Berintegritas Tinggi

BEM UPR saat menggelar LKMM-TM se Kalteng selama tiga hari, 14-16 Desember 2018 di Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) se Kalimantan Tengah yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Palangka Raya (BEM UPR), menuai respon positif. Bahkan terjadi gejolak partisipasi dari kalangan mahasiswa baik di dalam maupun dari luar kampus UPR.

Kegiatan ini Dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 14-16 Desember 2018, bertempat di Aula Joverdi Km 5,5 Palangka Raya. Sedangkan tema yang diusung adalah Menjadi Pemimpin Berlandaskan Falsafah Huma Betang.

“Tema ini dibentuk dengan harapan agar mahasiswa yang menjadi peserta dapat mengembangkan hakikatnya sebagai pemimpin yang berintegritas tinggi. Sehingga mampu menjadi agent of change di era millenial. Semoga saja selepas dari kegiatan ini, para peserta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh pada kampusnya masing-masing,” jelas Aprianta Ginting selaku ketua panitia kepada uprjayaraya.com, kemarin.

Dalam kegiatan ini dipaparkan berbagai materi yang berkaitan dengan kepemimpinan, manajemen organisasi, dan bela negara. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif di dalam forum diskusi. Peserta juga diberikan kesempatan terjun langsung ke masyarakat untuk menganalisis permasalahan-permasalahan sosial yang ada.

 

BEM UPR saat menggelar LKMM-TM se Kalteng selama tiga hari, 14-16 Desember 2018 di Palangka Raya.

 

Kegiatan LKMM-TM ini diikuti oleh sekitar 50 orang mahasiswa. Di antaranya
terdapat beberapa perwakilan BEM dari universitas se Kalimantan Tengah.

“Saya sangat senang dapat mengikuti kegiatan LKMM-TM tahun ini. Acaranya sangat asyik. Tidak hanya terpaku dengan materinya saja, kami juga diberikan kesempatan untuk aktif dalam berdiskusi. Jadi saya menilai, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami ke depannya,” ungkap Eka, perwakilan BEM STIE Sampit.

Field Trip merupakan puncak dari kegiatan LKMM-TM 2018. Acara ini dilaksanakan pada 16 Desember 2018 di lokasi Wisata Alam Dermaga Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya. “Field Trip ini bertujuan agar seluruh peserta dapat merefresh pikirannya. Karena mereka sudah tiga hari terbebani dengan teori-teori dan diskusi,” tutur Icha, yang juga bendahara panitia kegiatan.

Presiden BEM UPR Karuna Mardiansyah mengatakan, LKMM-TM yang dilaksanakan secara tahunan ini wajib dilakukan lagi di kepengurusan BEM UPR selanjutnya. Karena kegiatan ini bersifat memberikan bekal kepada para mahasiswa, khususnya yang telah mengikuti LKMM Tingkat Dasar. Sehingga peserta dapat mengembangkan pola pikirnya untuk menjadi pemimpin yang berkompeten.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini image dan citra mahasiswa yang menjadi peserta di mata warga kampus universitasnya masing-masing menjadi lebih baik dan positif,” jelasnya.

Ditambahkan Karuna, melalui kegiatan ini juga image dan citra UPR selaku Promotor Kegiatan LKMM-TM se Kalimantan Tengah di mata khalayaknya terutama di mata universitas-universitas lainnya menjadi lebih baik dan positif pula.(redaksi)

Berita Terkait