Mahasiswa FH UPR Diajarkan Cara Aman Bermedia Sosial

Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Puluhan mahasiswa Fakuktas Hukum Universitas Palangka Raya, Selasa (11/12), akan diajarkan cara aman bermedia sosial. Acara yang dikemas dalam sosialisasi digelar Polda Kalteng melalui Bidang Humas.

” Akan ada 3 oang pemateri yang menyampaikan paparan. Salah satunya saya. Kita ingin memberikan pendidikan cara positif bermedia sosial,” ungkap Konsultan Media Polda Kalteng H Sutransyah, Senin (10/12).

Menurut Sutran, program sosialisasi cara bijak bermedia sosial, dicetuskan Polda Kalteng melalui Bidang Humas. Itu untuk memberikam pemahaman bagaimana memanfaatkan media sosial secara baik. Apalagi media sosial, rawan bersentuhan dengan persoalan hukum.

Dijelaskan Sutran, media sosial berbeda dengan konvensional. Kalau media sosial bukan merupakan produk jurnaliatik yang mendapatkan perlindungan dari UU pers. Meskipun melalui media sosial terdapat berbagai macam informasi.

“Media sosial merupakan produk pribadi. Jadi tidak bisa dilindungi UU 40 tahun 1999. Jadi rawan sekali bersentuhan dengan hukum,” tegas Sutran.

Karena itu, kata Sutran, penggunaan media sosial harus bijak. Jangan sampai justru berdampak hukum. Apalagi ada UU ITE yang bersentuhan langsung. Kalau tidak bijak, bisa langsung berhadapan dengan polisi.

“Intinya besok, kita berikan penjelasan keseluruhan bagaimana menggunakan media sosial secara benar. Jangan sampai gara-gara update status, kita jadi bermasalah,” ungkap Sutran.(redaksi)

Berita Terkait