Mahasiswa UPR akan Miliki Ijazah Pendamping

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi berdiskusi ringan dengan para Wakil Rektor, dan sejumlah pejabat, terkait dengan penerapan kampus berbasis ICT, beberapa waktu lalu.

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR), mulai menerapkan ijazah pendampung untuk mahasiswa. Hal itu untuk mempermudah mahasiswa, mendapatkan pekerjaan. Ijazah pendamping yang diberikan, berkaitan dengan kompetensi mahasiswa, sehingga siap masuk dalam dunia kerja.

Kepala UPT TIK UPR DR Rony Teguh, Kamis (03/01/2019), menuturkan, lembaga yang dipimpinnya merupakan organisasi yang visinya sesuai dengan visi Rektor DR Andrie Elia SE MSi, yakni menuju Kampus UPR berbasis ICT (Information and Communication Technologies).

“Ijazah pendamping sesuai dengan kompetensi, dapat mahasiswa unduh dalam sistem akademik digital. Bahkan melalui sistem akademik digital, mahasiswa bisa mengunggah semua aktivitasnya. Pada saatnya nanti terkumpul di UPT TIK, dapat dibuat pendamping ijazah untuk melamar bekerja sesuai dengan kompetensi mahasiswa,” terangnya.

Menurutnya, sesuai dengan perkembangan zaman, ijazah harus memiliki pendamping atau sertifikat kompetensi mahasiswa. Karenanya, setiap mahasiswa harus aktif dalam setiap kegiatan, untuk penerbitan ijazah pendamping dimaksud.

“Dengan adanya ijazah pendamping, unsur pimpinan di UPR dapat mengarahkan mahasiswa untuk bekerja di bidang apa, dan di sektor sesuai dengan kompetensi yang miliki. Dengan sistem tersebut, selepas menempuh pendidikan, kecil kemungkinan mahasiswa akan menganggur,” tandasnya.

Begitu juga dengan dunia usaha, tambah Rony, dapat mencari tenaga kerja profesional di UPR sesuai dengan bidang usaha yang diperlukan. Dengan kata lain, UPR akan menghasilkan lulusan yang siap kerja.(redaksi)

Berita Terkait