Marak Berita Wabah Corona, Ini Pesan Dekan Kedokteran UPR

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya Dr.dr Syamsul Arifin

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Maraknya berita tentang wabah Virus Corona atau Covid-19 virus yang yang menyerang dan menimbulkan gangguan pada sistem pernapasan, menimbulkan pneumonia akut sampai kematian ini mendapat tanggapan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (UPR).

Dekan Fakultas Kedokteran UPR Dr dr Syamsul Arifin menyampaikan ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu agar masyarakat tidak perlu berlebihan tentang penggunaan masker.

“Masker seyogyanya hanya di pakai bagi individu yang mengalami gangguan pernapasan, jika merawat orang dengan gangguan pernapasan dan tenaga kesehatan yang mengalami gangguan pernapasan tidak perlu bagi yang bukan termasuk kriteria di atas” terang Dr dr Syamsul Arifin.

Kemudian agar tidak menggunakan hand sanitizer yang terlalu berlebihan.Penggunaan secara berebihan malah kurang baik bagi kesehatan, karena menyebabkan minyak sehat dan bakteri baik pada telapak tangan rusak dan pada akhirnya malah rentan terhadap kuman.

“Dengan menggunakan masker dan hand sanitizer yang tidak berlebihan maka diharapkan dapat mengurangi kegaduhan di tengah masyarakat yang kesan nya sangat menakutkan dan juga dapat mengurangi kontribusi harga dua barang tersebut yang akhir-akhir ini menjadi mahal” tutup Dr dr Syamsul Arifin.(Novia)

Berita Terkait