Pakta WBK WBBM Bukan Sekedar Ucapan

UPR Berkomitmen Secara Nyata

Uprjayaraya.com
PALANGKA RAYA,
Sesuai Peraturan Menpan RB RI Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah, Pencanangan Pembangunan Zona Integritas adalah deklarasi/pernyataan dari pimpinan suatu instansi pemerintah bahwa instansinya telah siap membangun Zona Integritas.

Amanah inilah yang telah diberlakukan di Universitas Palangka Raya (UPR). Kini telah delapan Fakultas di UPR yang telah menyatakan siap melaksanakan pencanangan Zona integritas sebagai langkah awal menuju WBK Dan WBBM.

“Proses pembangunan Zona Integritas merupakan tindak lanjut pencanangan yang telah dilakukan oleh pimpinan instansi pemerintah. Proses pembangunan Zona Integritas difokuskan pada penerapan program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat konkrit,” ungkap Rektor UPR Dr Andrie Elia, S.E.,M.Si dalam kegiatan pencanangan Zona integritas tujuh Fakultas pada Rabu (17/02/2021) di aula Rahan UPR.

Rektor Universitas Palangka Raya Dr. Andrie Elia, S.E.,M.Si menyerahkan Pakta Integritas kepada masing-masing Dekan Fakultas UPR.

Dalam membangun Zona Integritas tambahnya, pimpinan instansi pemerintah menetapkan satu atau beberapa unit kerja yang diusulkan sebagai WBK/WBBM.

Pemilihan unit kerja yang diusulkan sebagai WBK/WBBM memperhatikan beberapa syarat yang telah ditetapkan, diantaranya dianggap sebagai unit yang strategis dalam melakukan pelayanan publik, mengelola sumber daya yang cukup besar dan memiliki tingkat keberhasilan Reformasi Birokrasi yang cukup tinggi di unit tersebut.

“Oleh itu saya berharap, komitmen ini bukan sekedar serimonial saja. Namun outputnya juga harus nyata, ” ucapnya.

Ditambahkannya lagi bahwa UPR sebagai sebuah institusi pendidikan Negeri terbesar dan tertua di Kalimantan Tengah memiliki komitmen terhadap penyelenggaraan birokrasi yang bersih, akuntabel, dan kapabel. Sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, profesional, serta bersih dari praktek Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN).

“Kini telah sembilan Fakultas telah menyatakan siap melaksanakan WBK- WBBM. Mari kita tunjukkan UPR bisa menjadi Universitas yang berstandar tinggi, bebas dari KKN serta memberikan pelayanan pendidikan terbaik,”pesannya menutup sambutan.

Dalam kegiatan pencanangan Zona integritas ini terdapat enam Fakultas yakni Fakultas Pertanian, FKIP, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Kedokteran dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Diwakili dekan masing fakultas menandatangani pakta integritas dihadapan rektor dan petinggi UPR. Selain itu disaksikan perwakilan dari Ombutsman dan BPK Kalteng. Sebelumnya juga fakultas Teknik dan Fisipol telah terlebih dahulu melakukan hal tersebut. (Rul)

Berita Terkait