Pelaksanan UTBK Resmi Dibuka

Rektor UPR : Kami yakin pilihan kalian masuk UPR adalah tepat dan terbaik untuk menggapai cita-cita dan harapan masa depan

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Ribuan calon mahasiswa yang mendaftar masuk kuliah ke Universitas Palangka Raya (UPR), mulai mengikuti tes masuk perguruan tinggi, setalah pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun 2022 resmi dibuka, Selasa (17/05/2022).

Bertempat di Gedung UTBK Universitas Palangka Raya, Ketua Panitia yang diwakili oleh Koordinator Sekretariat Merti Suriani, S.P, M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan UTBK SBMPTN di PUSAT UTBK UPR 2022 dilaksanakan dalam II (dua) Gelombang.

“Gelombang I dilaksanakan mulai tanggal 17 – 23 Mei 2022 terdiri dari 14 sesi dan Gelombang II dilaksanakan mulai tanggal 28 Mei – 1 Juni 2022 terdiri dari 9 sesi dengan total sesi sebanyak 23 sesi. Untuk ruangan yang digunakan ujian sebanyak 14 ruang ujian,” Laporan Merti dalam kegiatan tersebut.

Lanjutnya, tercatat ada 4246 total peserta UTBK SBMPTN UPR 2022, dimana jumlah peserta pada Gelombang I sebanyak 2768 dan pada Gelombang II sebanyak 1478. “Peserta terbagi atas kelompok Ujian Saintek sebanyak 1660 peserta, kelompok Ujian Soshum sebanyak 1988 peserta dan Kelompok Ujian Campuran sebanyak 598 peserta,” Ucapnya.

Secara terpisah Rektor Universitas Palangka Raya, Dr Andrie Elia SE.M.Si menyampaikan sambutan yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Salampak, M.S, bahwa minat calon mahasiswa baru untuk mendaftar di berbagai fakultas dan program studi di Universitas Palangka Raya tahun 2022 meningkat.

Yakni, untuk jalur SNMPTN atau Undangan tahun 2022 telah lulus 1.214 orang dengan kelengkapan registrasi 1.145 orang, sehingga ada peningkatan sekitar 76,6% dari tahun 2021 yang hanya 669 orang.

Wakil Dekan Bidang Akademik Prof Dr Ir Salampak MS menyematkan secara simbolis kartu peserta ujian tanda dimulainya pelaksanaan UTBK.

Kemudian, jalur SBMPTN yang seleksi tertulis berbasis komputer dimulai hari ini diikuti 4.246, dengan harapkan yang lulus seleksi ini meningkat dari tahun 2021 lalu yang mencapai 2.794 orang.

Kemudian, saat ini dari tanggal 1 April – 27 Juni 2022, juga dibuka jalur ke – 3 yaitu Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat atau SMMPTN-Barat. “Untuk beberapa Program studi, jika nanti masih tersedia daya tampung, dipertimbangkan dibuka jalur seleksi ke – 4 yaitu Jalur Mandiri UPR . Dari hal ini terlihat bahwa peminat masyarakat dan kepercayaan orang tua menguliahkan anaknya di UPR semakin tinggi,” ucapnya.

Ditegaskan kembali, kondisi yang disebutkannya tersebut adalah indikator peningkatan mutu pendidikan di UPR dan berhasilnya promosi tentang UPR.

“Tentunya, hal itu menjadi spirit dan energi baru buat UPR untuk terus berupaya agar menjadi lebih baik, maju, dan berkembang bersama membesarkan UPR, sesuai dengan Visi UPR untuk menjadi Universitas maju dan terkemuka, mempunyai daya saing dan dikenal di tingkat Nasional bahkan Internasional,” katanya.

Diakhir sambutannya, rektor menyampaikan apresiasinya kepada peserta ujian. “Selamat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat bagi 4.246 orang calon mahasiswa baru UPR”. Kami yakin bahwa pilihan kalian memilih UPR adalah pilihan yang tepat dan terbaik untuk menggapai cita-cita dan harapan masa depan,” katanya.

Usai membacakan sambutan pelaksanaan pembukaan UTBK SMBTN 2022 Universitas Palangka Raya diakhiri dengan secara simbolis penyematan kartu peserta ujian kepada perwakilan peserta. (Rul)

Berita Terkait