Pembekalan KKN-T Periode I 2020 Secara Resmi Di Buka

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Dr Andrie Elia SE MSi, Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) secara resmi membuka pembekalan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Periode I tahun 2020. Pembukaan pembekalan tersebut dilakukan melalui media google meet yang berlangsung dari Rumah Jabatan Rektor UPR, Jumat 17 April 2020.

Andrie Elia mengatakan dalam sambutan nya bahwa di tengah Pandemi virus Corona Covid-19 mengakibatkan berbagai negara di hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia untuk melakukan berbagai penyesuaian kegiatan dalam rangka menekan jumlah masyarakat yang terinveksi virus tersebut.

Sehingga pelaksanaan KKN-T UPR yang biasanya menerjunkan mahasiswa ke desa-desa di wilayah Kalimantan Tengah pun, harus disesuaikan dengan KKN daring, atau yang dinamakan Desk Study (KKN stay at home).

“Bagi sebagian kalangan KKN Desk Study dapat dianggap lebih mudah dan menyenangkan, karena dapat dilakukan dari rumah masing-masing. Tetapi beban output KKN tidak berbeda dengan KKN yang sudah biasa dilakukan, bahkan harus dalam bentuk publikasi ilmiah,” ujar Rektor UPR dalam sambutan nya.

Publikasi ilmiah sebagai output KKN dapat mengangkat peringkat UPR dalam kancah perguruan tinggi nasional dan internasional. Sebabnya mahasiswa dan dosen pembimbing, diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, karena output KKN yang dihasilkan, dapat diakses bebas semua kalangan, dan sebagai kompensasi bahwa pelaksanaan KKN membutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Dengan KKN daring yang diawali dengan pembekalan ini, cukup memberikan pekerjaan ekstra bagi LPPM dan Panitia KKN, karena harus menyediakan perangkat teknologi informasi, dan komunikasi (TIK) sebagai tuntutan media sosial yang dapat diakses ke seluruh penjuru Kalteng dan Indonesia. Beruntung UPR telah memiliki ahli-ahli TIK yang sangat handal, termasuk jaringan digital yang memadai, sehingga semua kebutuhan, dapat ditangani dengan baik,” ungkap Andrie Elia.

Rektor juga menyampaikan dalam sambutannya, bagi mahasiswa peserta KKN dan dosen pembimbing akan diberikan subsidi paket data internet sebanyak 20 GB yang akan diberikan secara bertahap 10 GB per bulan. Sehingga diharapkan mampu menunjang sebagian besar kegiatan daring antar mahasiswa, antar dosen, dan antar seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan KKN.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPR Dr Ir Aswin Usup MSc, menyampaikan tema KKN Desk Study kali ini adalah Pengelolaan Biofisik dan Humanoria Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) Kalteng. Adapun KKN-T Periode I 2020 direncanakan untuk diikuti 1.500 mahasiswa, tetapi tercatat hanya diikuti 1.354 mahasiswa yang terbagi dalam 91 kelompok.

“Peserta KKN-T, melibatkan 6 fakultas di UPR, kecuali FMIPA dan Fakultas Kedokteran. Waktu pelaksanaan KKN-T dimulai 28 Mei sampai dengan 3 Juli 2020, selama KKN-T berlangsung, mahasiswa juga akan diberikan asuransi bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan,” tutup Aswin Usup dalam keterangan nya via online.(Novia)

Berita Terkait