Pemilihan Dekan FKIP UPR, Dilaksanakan Secara Transparan Dan Demokratis

Uprjayaraya.com

Palangka Raya,

Pemilihan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya (UPR) untuk Periode 2020-2024 dilaksanakan dengan cara transparan dan Demokratis.

Hal ini setelah melewati pemilihan Tahap I kemudian dilanjutkan pemilihan Tahap ke II untuk menentukan siapa yang terpilih untuk memimpin FKIP untuk periode 2020-2024. Pemilihan yang dilaksanakan pada Hari Kamis 30 Juli 2020 ini menjadi hari yang bersejarah dan istimewa karena kedua calon berasal dari internal FKIP UPR. Selain itu, karena pemilihan dilaksanakan masih dalam masa pandemi COVID-19 maka pemilihan dilakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan.

 Tetap menjaga jarak agar tidak mengakibatkan sebuah kerumunan. Tidak hanya itu, Panitia Pemilihan Dekan FKIP UPR 2020 ini juga menyediakan satu TPS Drive Thru di depan Gedung Aula Palangka Raya sebagai salah satu alternatif dalam menghadapi pandemi.

Hal ini disampaikan oleh salah satu Anggota Panitia pemilihan Dekan FKIP UPR Periode 2020-2024 Dr. Rinto Alexandro, M.M, .Dalam rilis nya Ia menyampaikan bahwa pemilihan Dekan FKIP UPR Periode 2020-2024 sudah selesai Dr. Natalina Asi, M.A. terpilih sebagai Dekan FKIP UPR.

“Ibu Dr. Natalina Asi, M.A terpilih pada pemilihan yang dilangsungkan di Aula Palangka Raya, Kamis 30 Juli 2020. Dr. Natalina Asi, M.A yang meraup 31 suara unggul dari Prof. Dr. Joni Bungai, M.Pd yang mendapatkan 23 suara dan 1 suara abstain. Dengan kemenangan ini Ibu Dr. Natalina Asi, M.A akan memimpin FKIP untuk periode 2020-2024” ungkap Rinto Alexandro, Senin 3 Agustus 2020.

Rinto begitu sapaan akrabnya menyampaikan bahwa ada 55 suara yang diperebutkan, dimana terdiri dari 36 suara senat FKIP dan 19 suara Rektor UPR Dr. Andrie Elia Embang, S.E., M.Si. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan 65 persen suara senat dan 35 persen suara Rektor. Selaku panitia, Rinto menilai bahwa pemilihan Dekan FKIP sudah dilaksanakan secara transparan dan demokratis.

“Saya menilai bahwa Rektor UPR telah memberikan pembelajaran demokratis kepada civitas akademika dengan memberikan hak suaranya kepada kedua calon dekan secara Adil Ka’Talino sebagaimana semboyan yang sering diucapkan beliau”ujar Rinto.

Untuk diketahui bahwa kata-kata Adil Ka’Talino sendiri berasal dari Bahasa Dayak Kanayatn, yang merupakan salah satu sub suku dayak. Bahasa Kanayatn adalah bahasa Melayu Kuno yang diyakini menjadi akar dari bahasa Indonesia. Sehingga Semboyan Dayak mudah dimengerti oleh orang banyak. Adil Ka’ Talino artinya adalah bersikap adil kepada sesama manusia.

“Saya selaku anggota Panitia Pemilihan Dekan FKIP UPR periode 2020-2024 mengucapkan selamat atas suksesnya acara dan terpilihnya Ibu Dr. Natalina Asi, M.A sebagai Dekan FKIP UPR Periode 2020-2024. Harapan saya, kepemimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya akan memberikan harmoni dan inovasi yang lebih melekat dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk mencapai UPR Jaya Raya” tutup Rinto.(Novia)

Berita Terkait