Peminat Prodi PGSD Cukup Tinggi

DR Kuswari SPd MPd

PALANGKA RAYA – Animo masyarakat untuk kuliah di Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya (UPR), hingga kini dinilai cukup bagus. Terbukti setiap tahun prodi ini selalu banyak peminat yang mendaftar.

“Dari tahun ke tahun animo masyarakat untuk kuliah di PGSD UPR ini cukup bagus, dan selalu banyak peminatnya,” ungkap Ketua Prodi PGSD FKIP UPR Dr Kuswari SPd MPd kepada uprjayaraya.com di ruang kerjanya, Kamis (14/2/2019).

Dipaparkan, seleksi penerimaan mahasiswa Prodi PGSD FKIP UPR dilaksanakan oleh universitas. Pihaknya tinggal menerima hasil yang lulus seleksi untuk kemudian dididik sebagaimana mestinya.

“Untuk target penerimaan, kita pada dasarnya sesuai daya tampung yang ada. Di sini terdapat 10 ruang belajar dengan daya tampung masing-masing ruang 40 orang. Artinya, jika semua terisi penuh, berarti terdapat sebanyak 400 orang,” jelas Kuswari.

Rata-rata hasil seleksi yang dikirim oleh universitas setiap tahun sekitar 150 orang mahasiswa. Mereka ini merupakan hasil seleksi melalui tiga saringan. Yakni seleksi melalui jalur undangan, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur seleksi lokal.

Menariknya, peminat PGSD ini sebagian besar berasal dari daerah-daerah terpencil atau desa-desa di wilayah kabupaten/kota se-Kalteng

“Kami sebenarnya senang dengan banyaknya peminat dari daerah terpencil. Karena dengan begitu, mereka nantinya ketika kembali dan bekerja di daerah asalnya, tentu akan merasa betah. Berbeda kalau mereka berasal dari perkotaan, biasanya tidak akan betah bekerja di desa-desa terpencil, lalu minta pindah ke kota,” ungkap Kuswari.

Ditambahkan, pihaknya selalu memonitor alumni-alumni PGSD UPR, dan tetap menjalin komunikasi. Sehingga bisa diketahui siapa saja alumni yang sudah bekerja ataupun berwiraswasta dan lainnya.(redaksi)

Berita Terkait