Peringkat UPR Versi 4ICU Membaik

Peringkat perguruan tinggi seluruh Indonesia versi 4ICU.

 

UPR Naik Peringkat 110

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) kembali melalukan perbaikan perongkat perguruan tinggi seluruh Indonesia. Perbaikan peringkat kembali terjadi berdasarkan penilaian versi 4ICU. Penilaian dilakukan terhadap seluruh perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Tahun 2017, UPR berada pada peringkat 152 versi 4ICU. Namun tahun 2018, semakin anjlol hingga peringkat 186. Memasuki tahun 2019, UPR berhasil merangkak naik ke posisi 110. Perbaikan peringkat tersebut, merupakan prestasi yang kesekian kalinya diraih. Setelah sebelumnya berdasarkam versi penilaian internasional UPR masuk pada peringkat 71 perguruan tinggi di Indonesia.

4ICU merupakan lembaga penilai perguruan tinggi di Indonesia. Metodologi penilaian yang digunakan alumninya meraih Piala penghargaan dengan konvensi nilai 10 persen. Staf pengajar dengan piala penghargaan 20 persen. Melakukan penelitian yang dikutip dalam 21 kategori subyek sains 20 persen.

Jumlah artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ilmu pengetahuan alam dan sains 20 persen. Dalam Indeks Citation, Indeks Citation Ilmu Sosial, Indeks Citation dalam Seni dan Kemanusiaan 20 persen, dan kinerja akademik dari sebuah lembaga 10 persen.

Rektor UPR DR Andrie Elia Embang SE MSi mengungkapkan, penilaian yang dilakukan sejumlah lembaga, sangat membanggakan. Apalagi peringkat UPR terus merangkak naik dari tahun sebelumnya. Itu menunjukkan ada perubahan, dan perbaikan sistem yang terjadi pada perguruan tinggi tertuan di Kalimantan Tengah tersebut.

“Kita bangga, tapi tidak boleh terlena. Kita tetap perlu melakukan perbaikan, sehingga UPR menjadi lebih baik, berdaya saing, dan Jaya Raya,” tegas Andrie, Selasa (05/02/2019).

Apa yang sudah didapatkan, ungkap Andrie, merupakan kerja bersama seluruh jajaran civitas akademika. Jadi bukan karena kerja keras rektor sendiri, melainkan ada keterlibatan dari Dosen, Tenaga Pengajar, Dekan, pegawai, dan mahasiswa. Tentu prestasi yang diraih harus dipertahankan.(redaksi)

Berita Terkait