Peserta UTBK Diimbau Kembali Mendaftar ke SBMPTN

PALANGKA RAYA – Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) diingatkan agar kembali mendaftar di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Karena SBMPTN merupakan tahapan lanjutan masuk universitas di seluruh Indonesia, termasuk Universitas Palangka Raya (UPR).

Pendaftaran dilakukan secara online di website resmi lmpt.ac.id/sbmptn, dimulai tanggal 10 sampai 24 Juni 2019 mendatang.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Palangka Raya Prof Dr Ir Salampak Dohong MS mengatakan, peserta yang mengikuti UTBK hanya mencari nilai. Jadi tidak menentukan kelulusan peserta mengikuti UTBK.

“Nilai tersebut nantinya menjadi dasar peserta UTBK untuk mendaftar ke SBMPTN yang dibuka mulai tanggal 10 hingga 24 Juni 2019,” kata Salampak, kemarin.

Menurutnya, seleksi dengan nilai peserta UTBK ditentukan perguruan tinggi berdasarkan nilai ataua ketentuan-ketentuan yang ditetapkan perguruan tinggi, termasuk UPR.

“UTBK harus diikuti agar bisa mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu mendaftar ke perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN,” katanya.

Ia menjelaskan, pendaftaran UTBK dibuka selama sebulan yakni sejak 1 Maret hingga 1 April. Waktu pelaksanaan terbagi menjadi dua tahapan, pertama tanggal 13, 14, 27 dan 28 April 2019. Tahap kedua pada tanggal 4, 11, 12, 18, 25 dan 26 Mei 2019.

“Total peserta yang mengikuti UTBK tahun ini di Universitas Palangka Raya sebanyak 6.082 peserta. Jumlah peserta sebanyak itu terbagi atas dua kelompok ujian yaitu 3.135 SAINTEK dan 2947 SOSHUM,” kata Salampak.

Saat ini, tambahnya, ratusan perserta sudah mengikuti UTBK. Pelaksanaan UTBK di beberapa tempat, di antaranya SMA 1 dan SMA 2 Palangka Raya dan Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran UPR. (yfd/red)

Berita Terkait