Rapat Tahunan BKS PTN Bahas Strategi Peningkatan Daya Saing

Foto Prof Dr Sulmin Gumiri Ph.D

PALANGKA RAYA – Rapat Tahunan Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Indonesia Bagian Barat (BKS PTN Barat) dijadwalkan pada 10-13 Januari 2019 di Palangka Raya. Pertemuan ini selain memantau dan membicarakan kesiapan Kota Palangka Raya sebagai salah satu calon Ibu Kota Negara, juga akan mendiskusikan mengenai upaya meningkatkan kualitas belajar mengajar.

Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Universitas Palangka Raya (UPR), Prof Dr Sulmin Gumiri Ph.D, salah satu pokok yang akan dibahas, didiskusikan serta diharapkan menjadi output pertemuan itu adalah bagaimana agar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah Barat Indonesia mengatur strategi dalam menyikapi peningkatan daya saing perguruan tinggi. Di antaranya dengan meningkatkan kualitas belajar mengajar, dan meningkatkan kualitas penelitian ilmiah.

“Yang juga terpenting adalah penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antar masing-masing perguruan tinggi tersebut. Di antatanya MoU Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bersama,” jelas Sulmin di Palangka Raya, Selasa (8/1/2019).

Dalam MoU itu akan diatur bagaimana pelaksanaannya. Misalnya, melaksanakan KKN Bersama, di mana mahasiswa UPR dikirim ke Sumatera dan sebaliknya mahasiswa PTN di Sumatera dikirim ke Kalteng.

“Dengan cara itu, kita akan berupaya membentuk generasi muda yang benar-benar mencintai tanah air Indonesia,” terang Sulmin.

Secara formal ada tiga unsur yang akan menghadiri Rapat Tahunan BKS PTN Barat ini, yakni para Rektor selaku pimpinan PTN, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama.

“Hasil dari pertemuan ini nantinya akan disampaikan kepada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), untuk selanjutnya dilaporkan kepada pimpinan negara,” kata Sulmin.(redaksi)

Berita Terkait